Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Calon Lain Di Pilkada 2020

6 Anggota DPRD Samosir Resmi Dipecat DPP PDIP

Jumat, 30 Juli 2021 06:30 WIB
Rinaldi Naibaho, Ketua Bapilu DPC PDI Perjuangan Samosir. (Foto: Istimewa)
Rinaldi Naibaho, Ketua Bapilu DPC PDI Perjuangan Samosir. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi memecat enam kadernya yang duduk di DPRD Samosir, Sumatera Utara (Sumut). Biangnya, mereka membangkang dan mendukung Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Samosir Rapidin Simbolon-Juang Sinaga lain, yang bukan usungan PDIP di Pilkada 2020.

Dari enam kader itu, lima di antaranya menyurati Mahkamah Partai. Satu lagi, Rismawati Simarmata melawan dengan menggugat SK pemecatan yang diteken Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto itu ke pengadilan.

Baca juga : Angkutan Kargo Di Bandara Angkasa Pura II Melesat 30 Persen

Rinaldi Naibaho, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDIP Samosir, mengatakan, pemecatan dirinya tidak beralasan dan penuh emosional. “Saya dituduh tidak bersungguh-sungguh saat bekerja di Pilkada Somasir. Saya bisa buktikan, saya sudah bekerja. Jika ada jejak digital, silakan dibuka,” tantangnya, kemarin.

Rinaldi mengaku, jika tuduhan tidak bekerja di Pilkada Samosir, itu jelas tidak beralasan. Pasalnya, dia sangat mencintai PDI Perjuangan bahkan dengan sukarela membesarkan partai ini di Samosir.

Baca juga : Anggota DPRD NTB Najamuddin Siap Dipanggil Polisi

“Yang pasti, saya telah bekerja dengan garis partai. Saya akan bertemu dengan semua konstituen saya dan akan menjelaskan kepada pemilih saya tentang pemecatan ini,” tegasnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua DPRD Samosir, Saut Tamba, Rinaldi Naibaho, Paham Gultom, Harijono Situmorang dan Romauli Panggabean. Mereka sudah menyampaikan surat kepada Mahkamah Partai di Jakarta.

Baca juga : Dipimpin Ibas, Puluhan Anggota DPR Fraksi Demokrat Ikrar Setia Ke AHY

Surat itu, kata Tamba, akan memberikan jawaban kepada DPP PDIP di Jakarta dan memberikan fakta di lapangan, bahwa kader partai yang dipecat di Samosir telah sungguh-sungguh bekerja memenangkan Paslon Rapidin Simbolon-Juang Sinaga.

“Saya dan Rinaldi sangat rutin dalam rapat, komunikasi baik terus kami lakukan. Bahkan tenaga, materi kami juga keluarkan untuk menguatkan pemilih di dapil kami,” tambah Saut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.