Dark/Light Mode

PKS Belum Ikut Rapat Pemenangan

Anies Tunjukin Muka Tidak Cemas

Jumat, 8 September 2023 08:00 WIB
Bakal calon presiden Anies Baswedan (kiri) dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar (kanan) berfoto bersama di sela Deklarasi Capres-Cawapres 2024 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023). (Foto: Antara)
Bakal calon presiden Anies Baswedan (kiri) dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar (kanan) berfoto bersama di sela Deklarasi Capres-Cawapres 2024 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Insya Allah kita akan terus berjalan bersama-sama,” kata Anies, di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta, kemarin.

Anies mengaku memiliki histori panjang dengan partai yang bermarkas di Pasar Minggu, Jakarta itu. Makanya, dia sesumbar PKS tidak akan mencabut dukungan. “Sejak di Jakarta (Pilgub DKI 2017), pasca-di Jakarta, juga jalan sama-sama. Agenda juga sama-sama,” tambahnya.

Baca juga : Ditunjuk, Langsung Teken

Unuk memastikan keyakinannya itu, Anies akan segera berbicara dengan PKS. “Insya Alah kita akan terus bersama, hanya soal waktu saja,” cetus Anies.

Namun, Anies memaklumi bila saat ini PKS masih belum mau terlibat dalam Tim Pemenangan Capres. Sebab, PKS harus terlebih dulu menyelesaikan persoalan internalnya terkait diputuskannya Imin sebagai Cawapres.

Baca juga : KKIR Bubar Usai Cak Imin Dipinang Anies, Gerindra: Kami Tidak Mengkhianati

“AD/ART-nya mengharuskan ada sidang majelis syuro, dan itu harus ditaati. Jadi, ini adalah satu proses yang biasa,” jelas mantan Mendikbud itu.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Umum NasDem, Ahmad Ali. Dia memaklumi bila saat ini PKS masih belum gabung secara langsung. Apalagi, alasan yang dipakai PKS untuk absen, kata Ali, terkait urusan internal yang belum diselesaikan.

Baca juga : Unas Perkuat Kerja Sama dengan Baznas Melalui Program Beasiswa Cendekia

“Setiap partai punya kedaulatan. Jadi, kami tidak akan mendesak,” tegas politisi yang dipanggil Mad Ali itu.

Wakil Ketua Komisi I DPR ini mengaku, tidak meragukan keseriusan PKS dalam mendukung Anies. PKS, disebutnya, sangat aktif menggelar konsolidasi ke akar rumput untuk mendukung mantan Rektor Universitas Paramadina itu. Karena itu, dia menengarai keputusan PKS hanya menunggu waktu saja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.