Dark/Light Mode

Perludem Ingatkan Pemerintah

Jangan Koar-koar Netral Faktanya Di Lapangan Beda

Senin, 20 November 2023 06:45 WIB
Manajer Program Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi Perludem), Fadli Ramadhanil. (Foto: Ist)
Manajer Program Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi Perludem), Fadli Ramadhanil. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penggiat pemilu meminta Pemerintah, utamanya aparat tidak berkoar-koar di depan publik soal netralitas dalam Pemilu 2024. Mereka cukup membuktikannya di lapangan.

“Yang terpenting adalah bagaimana mereka (Pemerintah) menerapkan netralitas itu di lapangan dan juga dalam kegiatan sehari-hari,” ujar Manajer Program Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Fadli Ramadhanil di Jakarta, kemarin.

Fadli menegaskan, tidak ada gunanya kata-kata netralitas terus disampaikan ke publik, tapi dalam praktiknya tidak dilaksanakan saat bertugas.

Baca juga : Gibran: Jawa Memang Kunci, Tapi Sumatera Tak Bisa Dilupakan

“Ucapan tanpa perbuatan ibarat tong kosong,” kritiknya.

Dia mencontohkan inkonsis­tensi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan Mahkamah Agung (MA). Utamanya, terkait pencalonan perempuan, narapidana korupsi, dan calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) yang belum cukup umur.

“Buktinya (KPU) digugat ke Badan Pengawas Pemilu (Ba­waslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP),” ungkapnya.

Baca juga : Demi Netralitas, Presiden Jangan Mau Fotonya Dipasang Bareng Capres

Seharusnya, kata Fadli, pe­nyelenggaraan Pemilu 2024 se­makin matang, kuat, profesional dan mandiri. Apalagi, pemilu ini merupakan yang keenam kalinya pasca reformasi.

“Tapi malah sebaliknya, ter­kesan ada pengkooptasian yang luar biasa,” ujarnya.

Fadli menjelaskan, kondisi Pemilu 2024 memiliki dampak positif dan negatif. Sisi positif Pemilu 2024 adalah sebanyak 54 persen pemilih berusia 40 tahun ke bawah atau pemilih muda. Kata dia, interaksi dan jangkauan informasi pemilih muda lebih luas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.