Dark/Light Mode

Dipastikan Duet AMIN

Koalisi Perubahan Solid Usung Hak Angket Pemilu

Sabtu, 2 Maret 2024 07:35 WIB
Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kanan). (Foto: Antara)
Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kanan). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memastikan partai politik (parpol) Koalisi Perubahan, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) siap mengajukan hak angket dugaan kecurangan Pemilu.

“Koalisi partai pendukung AMIN (Anies-Muhaimin) siap, solid dan akan mengajukan,” kata Cak Imin usai shalat Jumat berjamaah di Masjid Nurul Huda, Jalan Cemara, Sunter Agung, Jakarta Utara, Jumat (1/3/2024).

Baca juga : Jokowi Minta ASN Geser Ke IKN Mulai Juli 2024

Namun, Ketua Umum PKB itu belum bisa memastikan kapan waktunya parpol Koalisi Perubahan mengajukan hak angket. Pasalnya, persoalan teknis itu diserahkan ke masing-masing parpol. "Kita tunggu saja DPR," ungkapnya.

Semangat yang sama disampaikan Calon Presiden Anies Baswedan. Dia terus membangunkomunikasi dengan Capres 3, Ganjar Pranowo. Namun, eks Gubernur DKI Jakarta itu, enggan membeberkan detail percakapannya.

Baca juga : KPU Bantah Hasil Pemilu Sudah Diatur

"Iya komunikasi terus. Ya etikanya, diceritain dong," kata Anies.

Anies memastikan, tidak akan teralihkan perjuangan politiknya untuk memikirkan bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta yang sebentar la­gi akan digelar. Saat ini, dia fokus mengawal jalannya proses Pemilu 2024 hingga pengumu­man resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca juga : Wapres Minta Pelaksanaan Pilkada Sesuai Perintah UU

“Saya dan Gus Imin bekerja terus menerus mengawal proses yang dikerjakan tim hukum, tim saksi sampai perjuangan ini tuntas. Tuntas itu kapan? Ketika kita membawa penyimpangan, kekurangan kepada proses hu­kum yang ada, baik itu lewat angket atau proses hukum di MK," jelasnya.

Saat ini, seluruh kubu AMIN dipastikan fokus mengumpulkan data-data dugaan kecurangan Pemilu 2024. Dalam perhitun­gannya, titik dugaan kecurangan semakin bertambah. Semuanya akan dicatat, dipersiapkan ber­kasnya dan dibawa ke meja hijau.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.