Dark/Light Mode

Pilkada Banten 2024

Trah Politik Bakal Adu Kesaktian

Jumat, 26 Agustus 2022 07:45 WIB
Pengamat politik dari Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Eko Supriatno. (Foto: Istimewa)
Pengamat politik dari Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Eko Supriatno. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Eko Supriatno memprediksi, pertarungan trah politik bakal mewarnai ajang Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Banten pada 2024.

Menurutnya, perebutan kursi Gubernur Banten akan berlangsung seru, karena masing-masing keluarga akan unjuk kekuatan dalam pesta demokrasi di Tanah Jawara.

Baca juga : A’a Andika Dinilai Nggak Bakalan Turun Kelas Kok

“Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten, akan berlangsung seru. Trah politik keluarga di Tanah Jawara, ada yang berseteru dan ada yang bergabung. Jadi, lakon politiknya nanti, makin kentara dan seru,” kata Eko melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Lebih lanjut, ia menguraikan, gelaran kobtestasi demokrasi atau Pilkada, bisa diukur dengan ilmu pengetahuan dan metode yang teruji. Karenanya, majunya seseorang di Pilkada, tidak diukur dari tinggi atau rendahnya level posisi yang diperebutkan.

Baca juga : Partai Perindo Konsisten Jalankan Politik Kebangsaan

“Ukurannya, kemampuan figur, penerimaan pemilih, kemudian popularitas dan elektabilitas. Saat ini, sejumlah partai politik (parpol) yang akan bertarung, mulai melakukan pemetaan dan merancang strategi pemenangan,” jelas dia.

Menurutnya, sejumlah parpol, seperti Partai Golkar, PDIP, Partai Gerindra, PKB, Partai Demokrat, dan PKS, akan menjadi kunci persaingan sengit tersebut. Terlebih, peta koalisi partai politik pada Pilkada Serentak 2024, ditentukan oleh hasil Pemilu Legislatif (Pileg) di tahun yang sama.

Baca juga : Hanura Ikut Dukung Petahana

“Secara aturan, pencalonan Pilkada berbeda dengan pencalonan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, yang mengacu pada hasil pemilihan presiden sebelumnya, yakni Tahun 2019. Tapi, jika dilihat dari potensinya, para tokoh yang diisukan akan maju, masih menyertakan tokoh-tokoh lama, seperti Wahidin Halim, Rano Karno, dan Airin Rachmi Diany,” urai dia.

Selain ketiga nama tersebut, sambung dia, nama lain yang juga diperbincangkan, ada Wali kota Tangerang Arief Wismansyah dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.