Dark/Light Mode

Pilkada Banten 2024

Trah Politik Bakal Adu Kesaktian

Jumat, 26 Agustus 2022 07:45 WIB
Pengamat politik dari Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Eko Supriatno. (Foto: Istimewa)
Pengamat politik dari Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Eko Supriatno. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Ketiganya (Wahidin, Arief dan Iti) sudah menjabat dua periode, sehingga dipandang sepantasnya maju dalam kontestasi Pilgub,” cetusnya.

Dari kubu Golkar, lanjut dia, turunnya Airin dalam kontestasi Pilgub Banten akan membuat persaingan menjadi keras dan seru.

Baca juga : A’a Andika Dinilai Nggak Bakalan Turun Kelas Kok

Menurutnya, Airin bisa dipastikan tanpa pesaing, karena sudah punya track record yang cukup panjang sebagai kepala daerah.

“Kader terbaik ini, dinilai bisa mengamankan kekuasaan Golkar di Provinsi Banten. Saya menilai, keikutsertaan Airin pada Pilgub Banten 2024 adalah potensi kemenangan yang tinggi, dan itu pilihan rasional. Strategi yang jitu,” tegas dia.

Baca juga : Partai Perindo Konsisten Jalankan Politik Kebangsaan

Dari kubu PDIP, sambung Eko, sinyal mengembalikan kekuasaan Banten ke tangan partai besutan Megawati Soekarnoputri itu ditunjukkan dengan mempersiapkan kader terbaik jauh-jauh hari. Kader PDIP yang disiapkan, di antaranya Rano Karno dan Mulyadi Jayabaya.

“Kalau ditinjau dari pengalaman, PDIP dan militansi kadernya dapat diandalkan. Terlebih, jika seluruh kader siap all out bekerja dan berhasil memilih calon pendamping yang tepat untuk Kader PDIP,” tegasnya.

Baca juga : Hanura Ikut Dukung Petahana

Saat ini, sambung dia, Rano terlihat sangat dekat dengan Zaki Iskandar, penerus politik trah Ismet Iskandar. Kekuatan Rano sebagai mantan Wakil Gubernur Banten dan Plt Gubernur Banten, memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan respon publik.

“Ditambah dengan kekuatan partai politik PDIP yang saat ini semakin solid dalam mer­encanakan dan memantapkan kemenangan politik elektoral di semua tingkatan. Problemnya, Partai Golkar sudah memutuskan mengusung Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur Banten pada Pilkada 2024,” paparnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.