Dark/Light Mode

Pilkada Kabupaten Ciamis

Herdiat Di Puncak Survei

Minggu, 4 September 2022 07:45 WIB
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. (Foto: Dok. Prokopim Ciamis)
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. (Foto: Dok. Prokopim Ciamis)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, berpeluang besar memenangkan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Bupati petahana ini masih memiliki tingkat elektabilitas yang cukup tinggi hingga pertengahan Agustus kemarin.

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah mengatakan, dalam survei yang dilakukan pada 25 sampai 29 Agustus 2022 kepada 440 responden, posisi elektabilitas Herdiat ternyata jauh meninggalkan para bakal kandidat lain. Bahkan, elektabilitas bupati petahana itu menyentuh angka dengan 59,5 persen.

Baca juga : Teken Kerja Sama, RSUD Kabupaten Bekasi Jadi RS Pendidikan PresUniv

“Sementara, Iing Syam Arifin hanya 7,5 persen), diikuti oleh KH Asep Ahmad Maoshul Affandy (5,5 persen), Didi Sukardi (3,6 persen), KH Nonop Hanafi (2,5 persen). Kemudian Anjar Asmara (2,3 persen), Yana Diana Putra (2,0 persen), dan Nanang Permana (2,0 persen),” ujar Toto melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Menurut dia, tingginya elektabilitas Herdiat sejalan dengan tingkat kepuasan masyarakat Ciamis terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis, yang mencapai 75,4 persen. Dengan begitu, peluang Herdiat untuk terpilih kembali pada Pilkada 2024 cukup besar.

Baca juga : Ketua KPU Sepi Pendukung

“Jika incumbent memiliki tingkat kepuasan sebesar 50 persen atau di bawahnya, itu mengindikasikan ‘lampu kuning’. Artinya, jika yang calon petahana itu dipaksakan maju lagi, ia harus kerja berdarah-darah,” jelas dia.

Selain tingkat kepuasan terhadap kinerjanya, sambung dia, faktor lain yang selalu dilihat dalam membaca peluang incumbent terpilih kembali adalah dukungan pemilih yang cukup merata di aneka segmen demografis. Di antaranya, urai dia, dukungan dari sisi gender, tingkat pendidikan dan penghasilan, profesi, usia pemilih dan lain sebagainya.

Baca juga : Hasil Liga Inggris: Arsenal Nyaman Di Puncak, Leicester Keok

“Kalau saya lihat dari hasil survei terbaru LSI Denny JA ini, Herdiat Sunarya sudah mengantongi posisi cukup aman untuk terpilih kembali. Utamanya, pertimbangan beberapa faktor yang saya sebutkan tadi. Dia memiliki dukungan yang meratas seluruh zona atau dapil,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.