Dark/Light Mode

TPS Anti Corona Di Padang, Tarik Partisipasi Warga

Rabu, 9 Desember 2020 14:12 WIB
Dua petugas TPS 15 Limau Manis Selatan Padang memakai helm dan pelindung wajah bertema anti Corona, di Padang, Rabu.(Foto Antara)
Dua petugas TPS 15 Limau Manis Selatan Padang memakai helm dan pelindung wajah bertema anti Corona, di Padang, Rabu.(Foto Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang bertugas di TPS 15, Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat, mendesain lokasi dengan tema anti Corona. Langkah ini, guna menarik partisipasi warga memilih dalam Pilkada Sumatera Barat 2020.

Di depan tempat pemungutan suara (TPS) para pemilih disambut spanduk bertuliskan: Selamat Datang di TPS 15 Anti Corona. Warna spanduk diberi latar berwarna ungu. Kemudian dua petugas garda depan memakai helm motor yang ditempeli ornamen mirip paku sebagai ilustrasi gambar virus. Mereka juga tak lupa memakai pelindung wajah dan masker.

Baca juga : Dian Sastro Happy Pandemi Tak Batasi Sineas Untuk Berkarya

"Dekorasi TPS sengaja didesain agar warga sadar dengan bahaya Covid-19. Apalagi pemerintah mengimbau kepada seluruh warga untuk mengenakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, serta tidak berkerumun," kata Ketua TPS 15 Limau Manis Selatan, Agusmanto, di Padang, kemarin, kepada kantor berita Antara.

Tidak saja mengenakan helm berbentuk virus, pengelola juga menggantung belasan replika virus berwarna ungu di langit-langit plafon rumah lokasi TPS tersebut. Hal ini menambah kesan virus corona berterbangan di mana-mana dan mesti diwaspadai. Kehadiran seorang petugas mengenakan hazmat juga semakin menunjukkan suasana pandemi Covid-19 saat ini.

Baca juga : Rakyat Senang Dan Bergairah

Agusmanto menambahkan, ia  tidak menerapkan waktu bagi pemilih karena begitu datang, dapat langsung memasuki bilik suara untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan. Selain menyediakan tempat cuci tangan, di TPS 15 juga disiapkan bilik khusus pemilih yang bersuhu tubuh di atas normal. "Makanya sebelum masuk TPS kita ukur suhu tubuh dulu," terangnya.

Sebanyak 386 pemilih terdata di TPS 15 yang berdatangan sejak pagi untuk mencoblos menggunakan hak pilih dan penghitungan suara dilakukan mulai pukul 13.00 WIB.

Baca juga : Ingat, Corona Tak Pandang Bulu, Semuanya Bisa Kena

Sebagaimana diketahui, Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 telah digelar secara serentak pada Rabu (9/12/2020). Pilkada serentak diikuti 270 daerah di Indonesia dengan rincian sembilan provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten.

Setelah Pilkada 2020 digelar, masyarakat kini menanti hasil siapa yang akan memimpin 270 daerah ini selama lima tahun ke depan. Untuk memantau hasil Pilkada 2020, masyarakat dapat mengakses situs https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.