Dark/Light Mode

Partai SBY Klaim Menang 47 Persen Di Pilkada 2020

Selasa, 15 Desember 2020 14:24 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono bakar semangat kadernya untuk menang di Pilkada 2020.
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono bakar semangat kadernya untuk menang di Pilkada 2020.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengapresiasi perjuangan kadernya dalam memenangkan calon Kepala Daerah dalam Pilkada. 

Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengklaim menang 47% melebihi target kemenangan di Pilkada serentak 2020. 

“Sampai saat ini, PD menangkan 47% Pilkada, dengan potensi tambahan kemenangan 7%, lebih tinggi dari target semula 35-40%,” kata AHY, Selasa (15/12).

Baca juga : Pelatih Puas Dengan Perkembangan Fisik Timnas U-16

Kendati demikian, AHY meminta para kader Demokrat untuk terus mengawal proses di KPU untuk memastikan kader dan paslon yang didukung tetap menang dan mampu menghadapi berbagai dugaan kecurangan  yang berpotensi mengubah hasil Pilkada. 

Misalnya, pertarungan ketat  di Kalimantan Selatan (Kalsel). Pasangan calon yang didukung PD, yaitu Denny Indrayana-Difriadi yang dinyatakan menang oleh sejumlah perhitungan quick count, kini masih harus  bersaing ketat melawan paslon Sahbirin Noor-Muhidin, dengan basis partisipasi 85,8% suara yang masuk ke KPU pada, Senin (14/12). 

Kalsel adalah salah satu dari 19 Pilkada, di mana selisih suara yang diperoleh kader PD tidak sampai 3% dengan lawannya, sehingga terbuka untuk gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). 

Baca juga : Slogan NasDem Cespleng

AHY juga menilai, bahwa hasil Pilkada sebelumnya, mengindikasikan kuatnya aspirasi perubahan dari akar rumput. Hal itu tampak dari ketatnya persaingan antar paslon. 

Misalnya di Medan, pasangan calon Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi yang didukung koalisi Partai Demokrat - PKS  sejauh ini dinyatakan memperoleh 48% suara oleh quick count. Ini merefleksikan besarnya keinginan warga Medan, untuk memilih pemimpin yang sesuai dengan aspirasinya.

Untuk itu, AHY mengapresiasi pencapaian kader-kadernya dalam memenangkan calon-calon kepala daerah yang didukung maupun diusungnya di seluruh Indonesia. 

Baca juga : Kematangan Kader, Kunci Keberhasilan Golkar di Pilkada 2020

Hal ini diyakini AHY akan membawa perubahan yang lebih baik bagi konsolidasi kekuatan PD pada 2024 mendatang. Misalnya di Jateng, PD memenangkan 80% Pilkada yang diikutinya. 

Basis kemenangan ini sangat penting untuk menata PD agar lebih kuat, karena sebelumnya suara PD banyak tergerus di sini. “Jangan lengah. Pastikan setiap kemenangan ini sampai dengan penetapan KPU,”ujar AHY. 

Bagi yang perolehan suaranya masih berimbang, kata AHY, jangan putus asa, teruslah berikhtiar meraih kemenangan. Sementara bagi yang belum berhasil, kata AHY, Allah SWT memiliki jalan yang terbaik bagi kita. “Mari konsolidasikan kekuatan, menyongsong kemenangan di masa depan, untuk bisa memperjuangkan harapan rakyat lebih baik lagi,” tegas AHY. [FIK] 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.