Dark/Light Mode

Akhir 2021, Cakada Harus Berani Muncul Ke Publik

Pilkada Bukan ‘Tik-Tok’, Calon Kudu Tampil Dini

Jumat, 9 Juli 2021 06:20 WIB
Ilustrasi Pilkada 2024. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Pilkada 2024. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Kuncinya, baik Pilgub maupun Pilkada kabupaten dan kota di NTB, setiap calon harus mulai berani tampil dan lebih dekat dengan pemilih,” pungkasnya.

Sejauh ini, sejumlah partai politik di NTB mulai menyiapkan kadernya untuk diusung di Pilkada 2024. Langkah cepat ini sebagai upaya menghadapi pesta demokrasi lokal lima tahunan itu. Meski demikian, tak semua partai telah menyiapkan kadernya untuk diusung di Pilkada.

Baca juga : Petahana Optimis Menang

Partai Persatuan Pembangunan (PPP), misalnya, belum mau membicarakan Pilkada Sumbawa 2024. Partai berlambang Kabah ini masih fokus dengan Musyawarah Cabang (Muscab) PPP. Baru kemudian secara berjenjang menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab).

“Ya saya juga mau (menggelar) Muscab, setelah itu Rakercab. Nanti kita akan menentukan siapa kira-kira yang akan kita usung (Pilkada Sumbawa),” jelas Ketua PPP Sumbawa, Rusli Manawari.

Baca juga : Ketua KPU Dan Bawaslu Yalimo Memilih Mundur

Anggota DPRD NTB dari Dapil Sumbawa-Sumbawa Barat itu mengatakan, agenda Muscab akan dilaksanakan awal bulan ini. Tapi, yang lebih penting sebenarnya, sebut Rusli, PPP belum serius membicarakan Pilkada Serentak 2024, karena partai ini ingin berjuang menambah perolehan kursi DPRD di Sumbawa.

Rusli menilai, semakin banyak kursi diperoleh pada Pileg 2024, maka semakin besar peluang untuk mencalonkan kader internal untuk maju di Pilkada Sumbawa. Sebaliknya bila perolehan kursi turun, peluang mengusung kader internal pun menipis.

Baca juga : DPRA Siap Gelar Sidang Paripura

Karenanya, Rusli menegaskan ingin fokus berjibaku menambah perolehan kursi sehingga daya tawar PPP semakin tinggi di Sumbawa. “Sekarang masih 4 kursi,” tutupnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.