Dark/Light Mode

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin

Buat Apa Jaksa Pintar, Tapi Tak Bermoral

Kamis, 4 Februari 2021 06:23 WIB
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin (Foto: Rizky Syahputra/RM)
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin (Foto: Rizky Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
Apa yang Pak Bur lakukan, agar kasus-kasus ringan seperti itu bisa diselesaikan di luar mekanisme pengadilan? 

Saya selalu menekankan kepada seluruh jajaran, para jaksa seluruh Indonesia, bahwa jaksa adalah pengendali perkara berdasarkan asas dominus litis. Jaksa lah yang menentukan kelayakan suatu perkara, untuk disidangkan di pengadilan. Jaksa adalah penyeimbang antara kepastian hukum dan keadilan.

Selain soal keadilan, apa yang mendorong Pak Bur menerapkan konsep restorative justice

Baca juga : Demokrat Mau Fokus Ngedongkrak Elektoral

Tujuan utamanya, tentu agar jaksa dapat memberi keadilan yang bermanfaat bagi masyarakat. Saya tidak menghendaki jaksa melakukan penuntutan asal-asalan, tanpa melihat rasa keadilan di masyarakat.

Rasa keadilan tidak ada di dalam buku-buku. Adanya di hati nurani.

Karena itu, saya ingin mengajak teman-teman untuk memperhatikan rasa keadilan di masyarakat. Untuk dapat mengurai sejumlah perkara ringan seperti yang saya sampaikan tadi, kita perlu pendekatan keadilan yang lebih membumi. Tidak selalu represif.

Baca juga : Jaksa Agung Dicecar Soal Tuntutan Ringan Perkara Suap Jaksa Pinangki

Pendekatan yang tepat dan masuk akal itu ya, pendekatan restorative justice. Ini merupakan suatu cara merespons penyelesaian perkara. Konsep restorative justice ini harus dilakukan, untuk mengisi kekosongan pemeriksaan tindak pidana ringan, yang selama ini hanya dilakukan melalui jalur pengadilan.

Penarikan prosesnya ke luar pengadilan, itu bukan tanpa sebab. Survei membuktikan, banyak korban mengeluhkan peradilan pidana yang tidak dapat mengembalikan kerugian. Ibaratnya, kita melaporkan kehilangan kambing, malah hilang sapi.  

Sementara peradilan pidana, hanya dapat memberikan keadilan formal berupa penghukuman kepada pelaku yang bersalah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.