Dark/Light Mode

Orang Pintar Jangan Korup

Minggu, 22 Mei 2022 07:00 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
“Saat biaya politik semakin mahal, elite juga semakin jelek karena sistem yang dibangun mendorong ke arah korupsi. Malaikat pun kalau masuk ke dalam sistem Indonesia, bisa jadi iblis juga,” ucap Mahfud yang sekarang menjabat Menko Polhukam.

Sistem, seringkali disebut sebagai kerok. Sebenarnya, para elite politik sudah sangat tahu sistem seperti apa yang perlu diterapkan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih.

Baca juga : Bangsa Yang Kehilangan Inti

Kajian mengenai hal ini kalau disusun ke atas sudah melebihi gedung tertinggi di Jakarta. Kasus yang menimpa Lin Che Wei misalnya, tak mungkin terjadi kalau ada pengawasan ketat. Atau, sistem yang menghindari kongkalikong diterapkan dengan baik dan benar.

Selain itu, pertahanan diri dari para intelektual yang masuk ke dalam pemerintahan. Seberapa pun kuatnya godaan, kalau pertahanannya kuat, pasti tidak akan terjerat jaring laba-laba korupsi. Jadilah ikan, yang walaupun hidup di air asin, tetapi tidak ikut-ikutan asin.

Baca juga : Sniper Di Kebun Binatang

Tentu banyak cara lain lagi, misalnya keteladanan dari para pemimpin dan elite. Ini tak kalah pentingnya.

Yang pasti, sekarang, kisah-kisah intelektual atau orang-orang pintar yang terjerat kasus korupsi harus segera diakhiri. Stop. Sudah terlalu mencemaskan. Kalau tidak, intelektual kita bisa habis. Atau, takut masuk ke dalam sistem.

Baca juga : Pilpres 2024 Ikut Pola Filipina?

Kalau pun masuk, tinggal menunggu nasib untuk dijerat. Bisa karena kelakuan mereka sendiri, terjebak sistem, atau menjadi kambing hitam dalam kasus-kasus besar. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.