Dark/Light Mode

Banyak Utang Tak Berarti Miskin

Rabu, 13 Juli 2022 06:10 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

 Sebelumnya 
Negara ini kaya dan punya harta kekayaan yang tidak bergerak, yang perlu waktu untuk diubah bentuk jadi uang. Nah, tenggat waktu inilah yang diperlukan Pemerintah.

Karena kaya, negeri ini banyak aset yang bisa dijaminkan dan dikapitalisasi jadi uang di masa yang akan datang. Uang utangan itu uang kita. Ini hanya soal manajemen cashflow saja. Negeri ini punya kemampuan untuk bayar.

Baca juga : Hancurnya Reputasi

Apalagi uang utangan itu dipakai untuk investasi pembangunan infrastruktur seperti jalan tol. Selain kelak dibayarkan dengan hasil penjualan tiket tol, juga dibayar akibat ekonomi masyarakat bergerak tumbuh cepat karena terbuka akses ekonomi hingga pelosok.

Sumbangan pertumbuhan ekonomi itu tidak harus langsung. Banyaknya bahkan tidak langsung, akibat spending dana utangan untuk memperbaiki infrastruktur.

Baca juga : RUU KUHP Dan Penghinaan Pejabat

Mekanisme ekonomi bergerak sendiri jika rakyat punya akses yang baik ke pusat-pusat ekonomi. Uang akan mengalir deras ke tempat yang aksesnya terbuka luas dan mudah. Selamat nambah utang! ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.