Dark/Light Mode

Jangan Ada Gaduh Baru

Selasa, 21 Februari 2023 06:50 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Materi perubahan revisi keempat ini, bervariasi. Misalnya, persyaratan batas usia minimal hakim konstitusi serta evaluasi hakim konstitusi.

Selain DPR, pihak-pihak lain juga pasti melakukan manuver. Mereka berharap putusan MK akan menguntungkan pihaknya. Keuntungan jangka pendek atau panjang.

Baca juga : “Tragedi Lupa”

Kita berharap, lembaga yang sangat independen seperti MK tidak terlibat dalam pusaran politik jangka pendek maupun panjang.

MK juga tidak boleh menjadi arena pertarungan politik yang bisa meng guncang negeri. Di sinilah dibutuhkan sikap kenegarawanan para hakim MK.

Baca juga : Maling Pintar, Maling Bodoh

Semoga MK tidak menjadi pusaran konflik yang menimbulkan kegaduhan baru. Bangsa ini sudah terlalu riuh dan sibuk dengan konflik-konflik politik. Jangan ditambah-tambah lagi.

MK perlu menjaga marwah dan martabatnya. Menjaga kepercayaan dan harapan publik. Bukan menjadi ring politik, apalagi membuka “ring” baru yang bisa mengundang kekacauan.

Baca juga : Sama-sama “Wani Piro”

Di tahun politik ini, juga esok dan selamanya, rakyat tetap bisa menum pukan harapan dan keyakinannya bahwa MK bisa tetap menegakkan harkat dan martabatnya.

Kita berharap, semoga tidak ada kegaduhan serta topan politik di tahun politik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.