Dark/Light Mode

Perang Hidup Dan Mati?

Minggu, 11 Juni 2023 06:15 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Di tangan pemerintahan baru, IKN tampaknya akan tetap jalan, apalagi sudah diikat oleh Undang-Undang. Namun, pertanyaannya: apakah jalannya cepat atau lambat. Apakah akan ada evaluasi terhadap para investornya, ataukah akan ada modifikasi, penyesuaian serta perubahan signifikan.

Walau Ganjar atau Prabowo membawa tema keberlanjutan, tetap saja tidak semuanya akan dilanjutkan secara duplikatif. Apalagi kalau pemenangnya bukan Ganjar atau Prabowo, tentu akan muncul banyak pertanyaan menarik.

Baca juga : “Denda Damai” Yang Masih Meresahkan

Yang juga akan menjadi PR besar bagi pemenang Pilpres 2024 adalah utang menggunung yang sudah menembus Rp 7.000 triliun. Ini “perang” yang tak kalah serunya.

Selain kebijakan-kebijakan strategis, pemilu juga menjadi pertarungan hidup mati bagi sebagian orang. Misalnya, apakah tokoh tersebut akan terserempet kasus-kasus hukum, terutama korupsi atau tidak. Wajah serta kepemimpinan di KPK, serta lembaga hukum lainnya, juga bisa sangat menentukan bagi sebagian orang.

Baca juga : Nasib Rakyat Di Tahun Politik

Bahkan, pertanyaan “apakah Harun Masiku yang sudah buron beberapa tahun, akan tertangkap atau tidak”, juga menjadi teka-teki menarik.

Bagi sebagian tokoh, politik atau ekonomi, pemilu tetap menjadi pertarungan hidup mati. Sangat menentukan. Krusial.

Baca juga : Bola Panas Di Merdeka Barat

Bagi rakyat, menghadapi realitas hidup sehari-hari adalah perang hidup mati yang harus diperjuangkan. Oleh diri sendiri. Siapa pun pemenang pemilu.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.