Dark/Light Mode

2024, Menunggu Raja Midas

Minggu, 31 Desember 2023 05:48 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Tentu saja, Raja Midas, pemimpin atau eksekutif ini bisa mengubah apa pun yang disentuhnya menjadi emas. Emas buat rakyat. Bukan buat diri, keluarga atau kelompoknya.

Juga akan lahir legislatif yang benar-benar mengawasi eksekutif serta menelorkan UU serta kebijakan yang pro rakyat. Bukan untuk diri, kelompok, atau partainya.

Yudikatif juga demikian. Akan lahir Raja Midas, Dewi Keadilan serta pendekar hukum yang bisa menegakkan keadilan untuk semua. Bukan yang tajam ke bawah tapi tumpul ke atas. Sudah sangat lama negeri ini tidak melahirkan tokoh hukum yang luar biasa.

Baca juga : Kasus KPK, Semoga Nadir Ke Zenit

Sebenarnya, harapan-harapan tersebut tak dibatasi tahun dan waktu. Tak ditentukan tahun baru atau lama. Karena, tahun baru hanya “pergantian kalender”. Matahari esok, sama dengan matahari yang juga terbit kemarin dan hari ini.

Pergantian tahun hanya proses yang berjalan, dari hari ini menjadi hari esok. Sama seperti pergantian hari, seminggu atau sebulan lalu.

Demikian pula dengan penantian terhadap Raja Midas. Tak perlu menunggu momen tahun baru atau tahun politik. Bisa dilakukan kemarin atau hari ini juga. Apalagi eksekutif atau legislatif yang berlaga, yang menguasai panggung sekarang, masih relatif sama.

Baca juga : Pemilu Indonesia Masuk “10 Besar”

Tak apalah, berharap lahirnya Raja Midas yang bisa mengubah Indonesia menjadi emas, adalah harapan abadi rakyat Indonesia. Itulah salah satu “senjata” rakyat: berharap.

Raja Midas yang dimaksud tentu saja bukan raja atau para pemimpin yang ketika disodori emas atau uang, lalu membuat kebijakan sesuai keinginan si pemberi emas. Bukan itu.

Selamat Tahun Baru 2024 untuk “Raja Midas pengabdi rakyat”. Bukan pengabdi yang lain!

Baca juga : Terjerat Karena Ketiban Sial

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 31 Desember 2023 dengan judul "2024, Menunggu Raja Midas"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.