Dark/Light Mode

Rakyat Ingin Sembako Murah

Sabtu, 16 Maret 2024 05:34 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Harga beras, telur, gula dan minyak goreng yang masih cukup tinggi di awal Ramadhan ini sangat memukul orang-orang berpenghasilan rendah dan buruh harian.

Bahkan, tidak sedikit, yang sudah tidak punya uang lagi untuk membeli beras. Mereka berharap, harga semba­ko kembali normal. Mereka berharap operasi pasar sembako dilakukan lebih sering lagi. Sehingga mereka bisa memperoleh sembako dengan harga jauh di bawah harga pasar.

Baca juga : Tolong Jangan Sakiti Rakyat Kecil

Orang-orang di level bawah berharap selama Ramadhan bisa memperoleh beras berkualitas baik, dengan harga Rp 10.000 an per kilogram. Mereka juga berharap bisa memperoleh gula dan min­yak goreng murah hingga Lebaran nanti.

Oleh karena itu, selama bulan Puasa, pasokan sembako ke pasar tradisional mesti ditingkatkan dua kali lipat. Sehingga ketika permintaan tiba-tiba naik, harga tidak melonjak.

Baca juga : Sebentar Lagi Panen Raya

Selain penambahan pasokan sem­bako, volume operasi pasar beras, gula dan minyak goreng juga harus ditingkatkan. Terutama operasi pasar di perkampungan padat penduduk.

Kita berharap, operasi pasar sem­bako dilakukan rutin setiap hari oleh Kementerian Perdagangan, Bulog, BUMN Pangan bersama-sama perusahaan swasta produsen gula dan minyak goreng. Volume operasi pasar bisa dikurangi setelah harga sembako di pasar tradisional kembali normal.­

Baca juga : Segera Guyur Pasar Sembako

Untuk mencegah kemungkinan spekulan bermain, pihak Kementeri­an Perdagangan bersama-sama Dinas Perdagangan Provinsi, Kota dan Kabupaten mesti mengawasi secara ketat perdagangan sembako mulai dari pasar induk, pasar kota hingga pasar tradisional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.