Dark/Light Mode

Caleg & Korupsi

Selasa, 19 Februari 2019 05:57 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Yang gawat kalau ada caleg (bukan) koruptor yang bisa lenggang kangkung ke Senayan atau lolos menjadi anggota DPRD di seluruh Indonesia, tapi kemudian, lambat laun, tergoda korupsi.

Adakah tipe ini? Ada. Bukankah ratusan koruptor yang sekarang tersandung kasus korupsi, wajah mereka tak pernah terpampang di TPS pada pemilu yang lalu?

Baca juga : Drama Bola

Dulunya mereka baik-baik saja. Saat menjadi caleg, mereka mungkin tampil dengan wajah manis, senyum simpul, foto yang sangat simpatik dimana-mana. Baik. Benar-benar baik.

Tapi karena “iman politik” yang luntur atau sistem yang buruk, mereka akhirnya tergelincir. Siapa yang bisa jamin bahwa di pemilu kali ini tidak ada yang seperti itu?

Baca juga : Rapat Di Hotel

Tidak ada caleg yang punya niat dan rencana korupsi? Kita hanya berharap, caleg korup (tapi tidak ketahuan), atau caleg korup (yang lolos dari jerat hukum), kalau terpilih lagi, bisa menjadi lebih baik. Itu harapan Indonesia. Hanya waktu yang akan membuktikan: apakah ada (mantan) maling yang tobat atau ada orang baik yang tergoda.

Yang tak kalah penting, sistemnya. Seperti kata Mahfud MD, malaikat pun, kalau masuk ke sistem Indonesia, bisa jadi iblis juga. Semoga Indonesia mendapatkan caleg yang baik. Semoga Indonesia bisa melahirkan sistem yang bisa mengubah iblis menjadi malaikat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.