Dark/Light Mode

Timnas Qatar

Di Negeri Kaya Raya, Sepak Bola Pemersatu

Rabu, 22 Juni 2022 07:00 WIB
Timnas Qatar. (Foto: Twitter @QFA_EN).
Timnas Qatar. (Foto: Twitter @QFA_EN).

RM.id  Rakyat Merdeka - Qatar sukses menorehkan sejarah. Untuk pertama kalinya, Qatar akan tampil menjadi kontestan sekaligus tuan rumah Piala Dunia 2022.

Tim berjuluk The Maroon mendapatkan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022 dengan status tuan rumah. The Maroon akan mencatatkan sejarah untuk kali pertama tampil di ajang sepak bola paling bergengsi di dunia ini.

Qatar adalah negeri kaya raya. Negeri ini terpilih menjadi tuan rumah dengan proses bidding yang diwarnai dengan isu tidak sedap.

Baca juga : Erina Gudono, Nonton Sepak Bola, Digandeng Kaesang

Mulai dari tuduhan adanya skandal di tingkat tinggi lembaga sepak bola dunia FIFA, hingga sorotan tajam terkait hak asasi manusia dalam proses pembangunan sejumlah stadion dan sarana Piala Dunia.

Namun, semua itu tidak mempengaruhi status Negeri Mutiara ini sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Mereka tidak tergoyahkan.

Apalagi, setelah resmi memenangkan bidding dan resmi ditunjuk sebagai tuan rumah pada Desember 2010, Qatar menyita perhatian ketika tampil sebagai juara Piala Asia 2019.

Baca juga : 29 Kepala Daerah Sepakat Dukung Pemekaran Papua

Qatar juga melakukan sosialisasi dengan mendatangkan sejumlah tokoh sepak bola dunia. Bahkan, Josep Pep Guardiola contohnya, pernah menjadi duta sepak bola Qatar.

Negeri ini juga mengundang beberapa mantan bintang untuk menularkan ilmunya. Xavi Hernandez contohnya, yang pernah bermain dan melatih All Sadd.

Lalu, Qatar mendapat undangan tampil di dua kejuaraan tingkat internasional: Copa America 2019 dan Concacaf Gold Cup 2021.

Baca juga : PM Malaysia Didesak Segera Gelar Pemilu

Semua itu semakin memperkuat posisi Qatar sebagai tuan rumah, meski dalam sejarahnya tidak pernah lolos kualifikasi di ajang ini. Faktanya, ini menjadi kali pertama mereka tampil di ajang Piala Dunia.

Sebagai tuan rumah, Qatar mendapatkan keistimewaan, tentunya dengan tidak perlu mengikuti kualifikasi. Mereka sudah otomatis lolos, langsung bermain di putaran final Piala Dunia 2022.

Status sebagai tuan rumah tentu saja mendapatkan perlakuan khusus. Ini bisa menguntungkan di satu sisi, namun juga berbahaya di sisi lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.