Dark/Light Mode

Bentuk 2 Satgas, Erick Thohir Dinilai Mampu Pulihkan Citra Negatif PSSI di Mata Publik

Rabu, 3 Mei 2023 16:44 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir membentuk dua Satuan Tugas (Satgas) untuk menjadikan PSSI lebih transparan dan akuntabel.

Langkah bersih-bersih Erick Thohir ini mendapat dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pengamat Sepak Bola Nasional Gafar Lestaluhu mendukung penuh rencana Erick Thohir membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengaturan Skor dan Satgas Pengawasan Keuangan.

Menurutnya, Erick Thohir telah mewujudkan komitmennya bersih-bersih di internal PSSI serta membersihkan sepakbola Indonesia dari segala label dan citra yang negatif di mata publik.

“Ini kan sesuai dengan visi dan misi beliau juga artinya untuk membersihkan sepak bola Indonesia termasuk salah satunya itu kan terhindar dari mafia sepak bola pengaturan skor, yang terbarukan kita lihat untuk kompetisi itu ada masalah dari masalah bonus juaranya, beliau benahi,” ujar Gafar, Rabu (3/5).

Menurutnya, dua satgas yang dibentuk oleh Menteri BUMN itu sudah tepat, demi memberantas mafia pengatur pertandingan dan juga mendorong agar keuangan PSSI lebih transparan dan akuntabel.

Baca juga : Pakar Dukung Manuver Erick Thohir Sikat Wasit Nakal

“Sudah langkah yang tepat beliau mengaudit keuangan yang tadi disebutkan maksudnya membersihkan dari mafia wasit, membersihkan dari praktik keuangan itu, langkah yang tepat,” terangnya.

Gafar tidak meragukan komitmen Erick Thohir bersih-bersih di internal PSSI. Pasalnya, hal yang sama sudah dibuktikannya sejak memimpin BUMN.

Sehingga citra BUMN menjadi positif dan terus berkembang memberikan kontribusi bagi kemajuan ekonomi nasional.

“Ini kan berarti ada kesinambungan kinerja yang sekarang sudah dibersihkan di BUMN, dilakukan yang sama juga di PSSI berartikan ada kesamaan dan kesinambungan di situ, berarti dia pingin sama juga yang dilakukan di BUMN langkah yang diambilnya itu,” jelasnya.

Dikatakan Gafar, dengan membersihkan PSSI, secara tidak langsung Erick juga memperbaiki kualitas kompetisi sepak bola tanah air lebih baik. Sebab ia optimis, pertandingan di Liga 1 akan lebih sportif dan transparan.

"Secara tidak langsung berarti itu juga memperbaiki dari segi kompetisinya akan lebih baik kan kalau sudah terhindar dari praktik-praktik itu berarti secara tidak langsung sepak bola Indonesia juga akan lebih baik,” ucapnya.

Baca juga : Bantu Warga Kurang Mampu, Relawan Teman Sandi Bagi-Bagi Sembako Di Bekasi

Gafar melanjutkan, membersihkan PSSI memang sebuah pekerjaan yang tidak mudah, namun kebijakan Erick Thohir di PSSI dinilai telah melakukan banyak perubahan mendasar yang sangat bagus.

“Kita nggak mungkin lah mau langsung membalikkan telapak tangan terus harus lebih baik dalam waktu singkat, tapi kan harus ada tahapannya juga, artinya ada perubahan juga sudah sudah sangat bagus,” tuturnya.

Lebih lanjut Gafar mengatakan, dirinya percaya, di bawah kepemimpinan Erick Thohir PSSI akan dapat lebih maju dari kepemimpinan PSSI sebelum-sebelumnya.

Gafar menilai, Erick tidak hanya membenahi dari sisi sistem tetapi juga membangun budaya baru dalam sepak bola Indonesia.

Hal itu tercermin dari perhatian besar Erick kepada stakeholder sepak bola nasional seperti wasit, para pemain dan suporter.

“Sejauh ini perhatian beliau saya lihat sungguh luar biasa artinya mungkin jarang ya dilakukan sama ketua-ketua umum yang sebelumnya kali ya karena beliau turun langsung," paparnya.

Baca juga : Erick Thohir Dinilai Layak Maju Jadi Cawapres

Perhatian Erick tersebut, kata Gadar, menunjukkan sikap egaliter dan mau turun ke bawah untuk mendengarkan persoalan, berkomunikasi dan berdiskusi secara langsung.

Hal itu dinilai memberikan dampak yang besar terutama bagi para pemain sehingga lebih termotivasi untuk lebih baik.

“Bertemu dengan stakeholder sepak bola mulai dari pemain, wasit suporter dan lain lain, ya ini langkah yang gak pernah kita lihat di ketua umum sebelumnya kan nggak ada yang kayak begini,” tukas Gafar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.