Dark/Light Mode

Ini Alasan Markis Kido Tak Bisa Dimakamkan Di TMP Kalibata

Selasa, 15 Juni 2021 19:05 WIB
Suasana pemakaman mantan juara dunia, Markis Kido. (Foto : Antara)
Suasana pemakaman mantan juara dunia, Markis Kido. (Foto : Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali menjelaskan alasan almarhum pahlawan olahraga Indonesia Markis Kido tidak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Menurut Menpora, begitu mendengar Markis Kido meninggal, dia  langsung berkoordinasi terkait rencana pemakaman di Taman Makam Pahlawan. Dia  menilai Markis Kido sebagai salah satu pahlawan olahraga yang pernah mengharumkan nama Indonesia.

Baca juga : Markis Kido Tak Dimakamkan di TMP Kalibata, Menpora Beri Penjelasan

Namun, ternyata untuk pemakaman di TMP memiliki kriteria dan syarat tertentu yang kewengannya berada di bawah Kementerian Sosial.

Kriterinya adalah mendapatkan penghargaan dari pemerintah (Presiden RI)  berupa Bintang Republik Indonesia, Bintang Maha Putra, Bintang Sakti, Bintang Gerilya, dan Anggota TNI/Polri yang gugur dalam pertempuran.

Baca juga : Markis Kido Dimakamkan Satu Liang Dengan Ayahnya

"Markis Kido mendapatkan penghargaan Parama Kridha Utama Kelas I dari Presiden SBY pada tahun 2008, dan itu tidak termasuk yang bisa dimakamkan di TMP, seperti waktu itu Olimpian Lukman Niode juga tidak bisa," jelas Menpora Amali dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/6)

Ke depan, ia akan koordinasi dengan Kemensos, apakah kriteria dapat diperluas.  "Kita akan lihat dan membahasnya bersama lembaga terkait, apakah bisa diperluas kriterianya," pungkasnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.