BREAKING NEWS
 

Biar Tak Simpang Siur

Perumusan Regulasi Produk Tembakau Alternatif Perlu Libatkan Asosiasi

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : FAZRY
Jumat, 10 Juli 2020 22:00 WIB
Ilustrasi rokok elektrik

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI), Aryo Andrianto mengatakan, bahwa informasi simpang siur tentang tembakau alternatif masih terus terjadi.

Sebagian orang menilai tembakau alternatif sama bahayanya dengan rokok biasa. Padahal kata dia, hasil penelitian menyebutkan tembakau alternatif tidak seperti rokok biasa. Bahkan produk tembakau alternatif bisa menjadi solusi menekan kebiasaan merokok.

Kesimpangsiuran tentang produk tembakau alternatif dikarenakan pemerintah dan pakar kesehatan belum secara aktif dan terbuka mensosialisasikan informasi yang tepat.

“Padahal, jika Indonesia mau berkaca dari negara-negara lain, seperti Inggris, negara-negara di Eropa, dan Selandia Baru yang telah memanfaatkan produk tembakau alternatif dengan optimal, maka jumlah perokok yang tinggi di negara-negara tersebut dapat berkurang,” seru Aryo.

Dia meminta pemerintah untuk segera merumuskan regulasi khusus bagi produk tembakau alternatif, termasuk rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan.

Baca juga : Produk Tembakau Alternatif DinilaiĀ Bisa Kurangi Jumlah PerokokĀ 

Permintaan tersebut ditujukan untuk mendukung keberlangsungan industri produk yang diklasifikasikan sebagai Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL).

“Regulasi akan semakin mendorong perokok dewasa untuk beralih ke produk tembakau yang lebih rendah risiko ini. Harapannya, kami dapat membantu masalah rokok yang dihadapi pemerintah saat ini dan turut dilibatkan dalam penyusunan regulasinya,” terang Aryo.

Sikap serupa juga diserukan oleh Ketua Asosiasi Vaper Indonesia (AVI), Johan Sumantri, mengatakan bahwa regulasi akan memberikan jaminan kepada para konsumen. Sebab, konsumen memiliki hak untuk memperoleh informasi yang tepat dari produk yang dikonsumsinya.

Adsense

Johan mengatakan, banyak perokok dewasa, termasuk anggota AVI, yang telah berhasil beralih ke produk tembakau alternatif.

Oleh karena itu, pihaknya siap untuk melakukan dialog dan memberikan masukan kepada pemerintah dalam penyusunan regulasi khusus produk tembakau alternatif yang sesuai dengan risikonya dan relevan dengan pengalaman para pengguna.

Baca juga : Akademisi : Pemerintah Perlu Rumuskan Regulasi Tembakau Alternatif

“Setiap pembuat kebijakan, ilmuwan, dan pemangku kepentingan terkait harus terbuka dan mendengar pengalaman-pengalaman kami sebagai acuan dalam merumuskan regulasi. Perokok berhak mendapat informasi yang benar dan berhak mengakses produk yang lebih baik bagi mereka. Dalam hal ini, pindah ke produk tembakau alternatif lebih baik daripada terus merokok,” paparnya.

Produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan, merupakan solusi bagi perokok dewasa yang masih ingin mengonsumsi nikotin dengan risiko yang lebih rendah daripada rokok.

Berdasarkan hasil studi yang didukung oleh National Institute for Health Research and Cancer Research UK membuktikan bahwa rokok elektrik dapat menjadi terapi untuk berhenti merokok yang paling efektif dibandingkan produk nikotin lainnya.

Mantan Manager Stop Smoking Service (2004-2018) di Leicester City, Inggris, Louise Ross, mengatakan bahwa tim top Smoking Service memiliki sejumlah metode yang telah dicoba dan diuji untuk membantu perokok berhenti merokok.

Tim tersebut memberi kebebasan kepada para perokok untuk memilih sendiri metode apa yang ingin digunakan. “Namun, selama bertahun-tahun, baru kali ini saya melihat ada produk yang menjanjikan dan membawa keberhasilan nyata untuk membantu perokok dapat berhenti dari kebiasaannya, yakni rokok elektrik,” terangnya saat menjadi pembicara di Global Forum on Nicotine (GFN) ke-7 yang digelar baru-baru ini.

Baca juga : Kader Dan Simpatisan Minta Kasus Pembakaran Bendera PDI Perjuangan Diusut Tuntas

Louise menambahkan, sayangnya terdapat banyak pihak yang berupaya menyangkal kehadiran produk tembakau alternatif. Hal ini dikarenakan banyak informasi simpang siur di masyarakat yang menganggap bahwa produk tersebut memiliki bahaya yang sama atau bahkan lebih berbahaya daripada rokok.

Meski informasi tersebut keliru, anggapan tersebut menjadi hambatan dan membuat para perokok menjadi ragu untuk beralih ke produk tembakau alternatif. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense