BREAKING NEWS
 

Nilai Transaksi Diprediksi Hingga Puluhan Triliun

Hadapi China, AS Setuju Jual Senjata Ke Taiwan

Reporter : PAUL YOANDA
Editor : MUHAMMAD RUSMADI
Kamis, 22 Oktober 2020 15:26 WIB
Tentara memberi hormat dari tank M60A3 pada sebuah parade militer di Taiwan. [Foto: Sam Yeh / AFP / Getty Images]

RM.id  Rakyat Merdeka - Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat (AS) menyetujui kemungkinan penjualan tiga sistem senjata ke Taiwan. Termasuk sensor, rudal, dan artileri. Nilainya, mencapai 1,8 miliar dolar AS, atau sekitar Rp 26,4 triliun.

Berdasarkan laporan dari kantor berita Reuters, Gedung Putih juga telah menyetujui lima penjualan terpisah peralatan militer canggih ke Taiwan. Dengan nilai total sekitar 5 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp 73,4 triliun. Penjualan senjata itu disetujui pemerintahan Trump, salah satunya karena ingin meningkatkan tekanan terhadap China di tengah kekhawatiran atas aksi negara itu terhadap Taiwan.

Dari laporan Deplu AS kepada Kongres, sistem persenjataan tersebut yakni, 11 peluncur roket berbasis truk yang dibuat Lockheed Martin. Senjata itu juga disebut sebagai Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS). Nilainya sekitar 436,1 juta dolar AS atau setara dengan Rp 6,4 triliun.

Baca juga : Kemenhub Lakukan Antisipasi Cegah Peningkatan Kasus Covid-19

Persetujuan itu juga mencakup 135 rudal Standoff Land Attack Missile Expanded Response (SLAM-ER), dan peralatan terkait yang dibuat Boeing, dengan perkiraan nilai sekitar 1,008 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 14,8 triliun. Selain itu, ada juga enam pod sensor eksternal MS-110 Recce, yang dibuat Collins Aerospace untuk jet tempur. Perkiraan harganya 367,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 5,3 triliun.

Pemberitahuan lebih lanjut dari Kongres, mungkin bakal diumumkan pada Rabu (22/10) waktu AS. Termasuk drone yang dibuat General Atomics dan rudal anti-kapal Harpoon berbasis darat, yang dibuat oleh Boeing. Senjata-senjata itu berfungsi sebagai rudal jelajah pertahanan pantai.

Sebuah sumber mengatakan, 100 stasiun rudal jelajah dan 400 rudal bernilai sekitar 2 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp 29,3 triliun juga masuk bagian yang akan ditransaksikan. Sebelumnya, September lalu Reuters pertama kali melaporkan, bahwa penjualan sistem senjata utama ke Taiwan sedang melalui proses ekspor dari AS.

Adsense

Baca juga : Optimalisasi Pasukan Khusus TNI Diperlukan Dalam Hadapi Kompleksitas Ancaman Keamanan Nasional

Setelah mendapatkan pemberitahuan resmi, Kongres AS punya waktu 30 hari untuk menyetujui atau menolak rencana penjualan tersebut. Tapi hal itu tidak dilakukan, karena AS berupaya mendukung secara luas terhadap sistem pertahanan Taiwan.

Kementerian Pertahanan dan Luar Negeri Taiwan pun menyambut baik kabar ini. Taiwan menyebut, senjata itu akan membantu meningkatkan kemampuan pertahanan negaranya.

Dalam pernyataannya, kementerian Pertahanan Taiwan menyebut, penjualan senjata ini menunjukkan bahwa AS sangat mementingkan posisi strategis kawasan Indo-Pasifik dan Selat Taiwan. "AS secara aktif membantu negara kami memperkuat kemampuan pertahanan secara keseluruhan," bunyi pernyataan itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense