BREAKING NEWS
 

Kota dan Modal Budayanya

Reporter & Editor :
MUHAMMAD RUSMADI
Selasa, 4 Mei 2021 14:31 WIB
Dr. Tantan Hermansah

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehidupan tidak melulu soal materi, mencari kerja/nafkah, kekuasaan/jabatan, dan atau senang-senang seperti rekreasi/wisata serta kumpul bareng teman-teman. Agar bermakna, kehidupan mesti diberi nilai. Nilai-nilai itu yang kelak mengkristal menjadi budaya. Budaya yang mengerak, disebut sebagai kebudayaan. Kebudayaan yang hebat dan berkelanjutan adalah biang atau akar dari peradaban.

Peradaban itu lebih kuat dan cepat tumbuh di kota. Karena kota menjadi pusat (center) dari segala pergerakan dan lalulintas pikiran-pikiran manusia. Relasi dan interaksi yang padat dan cepat, menyebabkan tingkat persaingan begitu tinggi. Persaingan atau kontestasi yang presisi menyebabkan dinamika masyarakatnya begitu kuat. Alhasil, sebagaimana hukum alam, setiap dinamika yang tinggi cenderung mendorong perubahan lebih cepat. Perubahan yang cepat senantiasa menghadapkan manusia pada beragam pilihan. Setiap pilihan ini akan menjadi kontributor utama pada peradaban kemanusiaan.

Baca juga : Edan, Polisi Malah Balapan Di Jalanan

Sebaliknya dengan masyarakat desa. Perubahan dan inisiatif untuk melakukan dinamika lebih lambat dibandingkan di kota. Sehingga perubahan-perubahan masyarakatnya tidak secepat di kota-kota. Maka, berbeda dengan kebudayaan kota yang bisa cepat berganti, kebudayaan desa cenderung lebih lama bergantinya. Nilai-nilai budaya di desa-desa, dengan demikian, lebih lama terpelihara ketimbang di kota.

Sehingga budaya yang berubah lambat di desa-desa cenderung dijadikan ruang kembali masyarakat kota. Memorabilia tentang kehidupan masa lalu, meski interval waktunya tidak lama-lama amat, dihidupkan sedemikian rupa, meski hanya sekadar ditampilkan secara pragmatis pada keindahan berbusana (a la desa), makanan khas (desa), bumbu racikan aki, nini, dan sebagainya.

Baca juga : Main Biola Sambil Paralayang

Paling tidak, meski penuh rekayasa dan polesan untuk mengkonstruksi realita masa lalu tersebut pada situasi kekinian, tetap saja penampakan itu menjadi oase warga kota untuk mengobati rindunya (pada nuansa desa).

Di sisi lain, masyarakat kota saat ini didorong untuk memiliki kesadaran informasi. Artinya, informasi adalah komoditas yang juga sama dengan benda lain seperti gawai, rumah, mobil, dan titel. Mereka yang tidak memiliki informasi, cenderung harus mengeluarkan biaya lebih besar daripada seharusnya. Inilah yang oleh ekonom seperti Joseph Stiglitz disebut sebagai “asimetric information”.

Baca juga : Jangan Mau Dipermainkan

Konsekwensinya, informasi sama pentingnya dengan menu sarapan pagi. Konsumsi atas informasi yang meningkat menuntut para penyedia informasi melakukan komodifikasi realitas yang kemudian ditampilkan pada layar gawai atau televisi. Di sinilah kebenaran hakiki menjadi disamarkan, tergantung kepada siapa yang paling kuat mendominasi informasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense