Dark/Light Mode

Shopee Andalkan Inovasi Fitur Canggih Ajak UMKM Naik Kelas

Selasa, 16 Agustus 2022 16:09 WIB
Foto: Dok. Shopee Indonesia
Foto: Dok. Shopee Indonesia

 Sebelumnya 
Berbagai kecanggihan teknologi yang ditawarkan Shopee, merupakan wujud aplikasi ini terus berinovasi untuk semakin memudahkan penjual dan pembeli dalam bertransaksi.

“Voucher Shopee, terutama yang Gratis Ongkir ini disukai oleh semua orang. Jadi kami melakukan suatu project untuk mengoptimalkan dukungan pada traffic (pengunjung aplikasi),” ujar Jonathan.

Sementara bagi pemilik UMKM produk kayu Prima Shabby Craft Laily Prima Monica, dirinya aktif mencari tahu di kolom edukasi penjual sedang ada fitur-fitur promo apa saja yang sedang berjalan.

“Semua itu benar-benar saya cari tahu. Setelah dipraktikkan, ternyata tidak sesulit itu. Justru lebih efektif. Hasilnya, penjualan menjadi optimal karena produk semakin dikenal luas," jelas dia.

Baca juga : ShopeePay Dan ukmindonesia.id Kembali Gelar Pelatihan Bisnis UMKM

Selain fitur, UMKM asal Blitar, Jawa Timur ini juga mengikuti sejumlah kampanye yang dilakukan di Shopee seperti Big Sale Ramadan, Shopee Mantul Sale, Cuci Gudang, Murah Lebay, dan Rp 1.

Ia mengaku aktif mengikuti beragam program untuk meningkatkan penjualan termasuk Program Ekspor Shopee. Kini, Prima Shabby telah melakukan ekspor ke sejumlah negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Singapura.

Salah satu fitur yang paling diminati penjual di Shopee adalah Program Ekspor Shopee. Dalam program ekspor ini, penjual akan dibimbing oleh Shopee dari awal buka toko hingga dapat ekspor ke luar negeri.

Selain itu, sistem yang telah dimiliki Shopee sangat mempermudahkan penjual untuk dapat melayani pengiriman dari luar negeri.

Baca juga : Sosialisasikan NIB, Melani Suharli Ingin Angkat UMKM Naik Kelas

Pemilik usaha tas kanvas bernama Gudang Barang Bandung Agus Ardian menyebut, Program Ekspor Shopee memudahkannya untuk berjualan menembus pasar dunia karena teknologi yang dimiliki Shopee.

" Ternyata ekspor sangat mudah. Dari segi bahasa sudah diterjemahkan. Dari segi toko sudah diatur oleh tim Shopee untuk disesuaikan dengan negara masing-masing," curhat Agus.

Platform Shopee telah membantu para penjual untuk dapat dipercaya sehingga ekosistem jual beli melalui online terus berjalan. Dampak dari berkembangnya usaha secara digital ini pun memberikan kesempatan bagi sebagian orang untuk berpenghasilan secara mandiri meski hanya dari kota kecil.

Bahkan, berkembangnya UMKM juga berdampak positif bagi sebagian komunitas yang menjadi mitra usaha mereka. Seperti UMKM produk madu murni asal Malang, Sarang Maduku.

Baca juga : Kendalikan Inflasi, Pemerintah Harus Jaga Stabilitas Harga Dan Rantai Pasok

Setelah melakukan pengoptimalan di Shopee, pemilik Sarang Maduku, Andoni Pridatama, menjadi sangat bergantung pada produktivitas peternak lebah lokal. Hal ini menciptakan ekonomi mandiri bagi peternak.

Eko, salah satu peternak lebah yang menjadi mitra untuk Sarang Maduku menyebut dirinya dapat mengembangkan ternaknya. Awalnya Eko hanya memiliki 30 kotak sarang lebah. Kini, ia terus memutar modal hingga kini dia telah memiliki 70 kotak.

Menurut Eko, upaya Andoni dalam memaksimalkan penjualan secara online, sama saja telah memasarkan madunya hingga dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

“Melalui aplikasi Shopee, madu saya bisa sampai ke seluruh Indonesia. Saya sangat senang,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.