Dark/Light Mode

Kunjungi Pasar Legi Solo, Wamendag: Stok Dan Harga Barang Pokok Aman

Senin, 22 Agustus 2022 18:30 WIB
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (Foto: Kementerian Perdagangan)
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (Foto: Kementerian Perdagangan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga memastikan, stok dan harga bahan pokok aman.

Hal tersebut dikatakan Jerry saat meninjau stok dan harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Legi, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (20/8). Dalam kesempatan tersebut, Wamendag didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arif Sambodo dan Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Surakarta Erni Susiatun.

Jerry mengatakan, harga bapok di Pasar Legi relatif stabil dibandingkan bulan lalu dan mengalami penurunan untuk bawang merah dan cabe.

Baca juga : Kunjungi Paloh, Dubes Australia: Saya Anak Menteng, Pak...!

“Ketersediaan bapok di Pasar Legi aman dan harganya stabil. Untuk minyak goreng curah, para pedagang menjual minyak goreng curah Rp 11.700/liter dan harga jual tersebut di bawah harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah, yakni Rp 14.000/liter,” ujar Jerry. 

Kementerian Perdagangan secara konsisten melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga, pemerintah daerah serta seluruh pemangku kepentingan, termasuk distributor dan produsen, dalam memastikan pasokan dan harga bapok relatif terjaga.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang selalu sigap memantau dan memastikan ketersediaan stok bapok di masing-masing daerah,” ungkap Jerry.

Baca juga : Kunjungi Papua, Bahlil Pastikan Hilirisasi Di Freeport Berjalan

Berdasarkan hasil pantauan di Pasar Legi, tercatat daging ayam ras Rp 34.000/kg, telur ayam ras Rp 28.500/kg, daging sapi Rp 135.000/kg, tepung terigu Rp 12.000/kg, bawang merah Rp 25.000/kg, bawang putih honan Rp 17.000/kg, cabe merah keriting Rp 45.000/kg, cabe merah besar Rp 45.000/kg, cabe rawit merah Rp 33.000/kg.

“Diharapkan harga migor sesuai HET ini bisa diikuti lebih banyak lagi pasar-pasar lainnya. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi agar migor curah selalu tersedia dan masyarakat dapat membelinya dengan harga terjangkau,” sambung Jerry.

Kementerian Perdagangan secara berkala melakukan pemantauan perkembangan harga bapok melalui Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) pada 216 pasar di 90 kabupaten/kota.

Baca juga : Kunjungi Kalbar, Kemendagri Dorong Percepatan Realisasi Anggaran

Wamendag berkesempatan berbelanja di beberapa kios pedagang dan melakukan pembayaran secara digital. Ia mengingatkan kembali pentingnya digitalisasi pasar dapat   meningkatkan produktivitas. “Penerapan digitalisasi, salah satunya pembayaran digital, bisa meningkatkan produktivitas tanpa harus meninggalkan lapak dagangan.

Selain itu, pemanfaaatan pembayaran digital pada pasar rakyat ini membawa keuntungan bagi pedagang dan kemudahan pembayaran bagi pembeli,” pungkas Jerry.

Kementerian Perdagangan menargetkan digitalisasi 1.000 pasar rakyat dan 1.000.000 UMKM di seluruh Indonesia. Saat ini sudah terdapat 2.047 pasar rakyat menggunakan situs web pasar melalui Sistem Informasi Sarana Perdagangan (SISP), 10 pasar rakyat onboarding pemasaran secara digital, dan 51 pasar rakyat telah melakukan transaksi nontunai melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.