Dark/Light Mode

Apresiasi IOB 2022, Peran Merek Asli Indonesia Mampu Dongkrak Roda Ekonomi Indonesia

Kamis, 24 November 2022 19:09 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Usia responden 21-40 tahun dengan minimal Pendidikan SLTA. Adapun metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka kepada pengguna merek yang pernah digunakan, dengan empat parameter penilaian yakni kepuasan, loyalitas, advokasi dan daya saing terhadap merek asing.

Baca juga : Hadapi Tekanan Ekonomi Global, Indonesia Jaga Perekonomian Domestik

Dari hasil survei tersebut, bisa dilihat Index IOB meningkat selama lima tahun terakhir. Pada 2017, Index IOB sebesar 7,26 kemudian meningkat menjadi 8,23 di tahun 2022.

Baca juga : Bangga, Rakyat Sudan Antusias Belajar Bahasa Indonesia

Selain itu, SWA & Business Digest juga melakukan pemeringkatan dari hasil survei itu dengan predikat Excellent, Very Good, dan Good. Berikut beberapa penerima penghargaan berpredikat Excellent yaitu Garda Oto, Madu TJ, FreshCare, Emco, Campina, Indocafe Cofffeemix, LM Antam, Untung Bersama Sejahtera (UBS), Mandiri E-Money, Rumah Zakat, Fatigon, Fatigon Spirit, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Imboost.

Baca juga : Mendag: Pameran Pride of Indonesia Jadi Bukti Kemajuan Produk Anak Bangsa

Predikat Very Good antara lain Hotin Cream, GT Radial, Finna, Prodia, Ladaku, Evalube, BAZNAS RI, Federal Oil, dan OBH Combi. Sementara penerima penghargaan dengan predikat Good antara lain Solaria, Kopi Kenangan, dan Mixagrib. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.