Dark/Light Mode

LRT Akan Terkoneksi Dengan Bandara

Stasiun Halim Bakal Jadi Yang Termegah

Rabu, 23 Agustus 2023 07:25 WIB
Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara I Kartika Wirjoatmodjo (kedua kiri) didampingi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo (kiri) usai melakukan uji coba kereta Light Rail Transit (LRT) di Stasiun LRT Halim di Jakarta Timur, Senin (21/8). (Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara I Kartika Wirjoatmodjo (kedua kiri) didampingi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo (kiri) usai melakukan uji coba kereta Light Rail Transit (LRT) di Stasiun LRT Halim di Jakarta Timur, Senin (21/8). (Foto: Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Ia menuturkan, bila sesuai ren­cana, LRT akan beroperasi pada 28 Agustus mendatang. Nanti­nya, setiap satu trainset LRT Jabodebek terdiri dari enam gerbong, dengan total kapasitas mencapai 1.300 orang.

“Untuk tahap awal, kami harapkan bisa melayani 147 ribu penumpang per hari,” akunya.

Ia menargetkan, headway (ja­rak keberangkatan) 3 menit antar stasiun dari Halim ke Dukuh Atas. Artinya, kurang dari 30 menit untuk melintasi 9 stasiun. Lalu, headway selama 6 menit dari stasiun antara Halim ke Jati Mulya (Bekasi).

Baca juga : Badan Sandi Negara Minta Jadi Penyidik Kejahatan Siber

Dari pantauan Rakyat Merde­ka, perjalanan dari Stasiun Du­kuh Atas ke Stasiun Halim cukup mulus dan cepat. Di jalur yang berbelok, kereta memang melaju agak melambat.

Bila dibandingkan naik KRL, jumlah kursi yang tersedia di LRT Jabodebek lebih sedikit. Ada satu bangku berisi 4 orang, lalu satu bangku lainnya untuk dua orang. Serta satu kursi lipat. Sisanya, calon penumpang harus berdiri.

Namun hal ini lebih baik ketimbang membawa kendaraan pribadi di saat jam pulang kan­tor. Karena, lewat jalan umum, pasti mengalami macet cukup panjang di jalanan Ibu Kota.

Baca juga : Gabungan Seniman Ganjar Dan CFW Kompak Gelar Street Fashion Week Di Tangerang

“Saat ini berbagai penyempur­naan sistem masih terus dilaku­kan. Karena ini akan terintegrasi semua mulai dari stasiun, train­set, sampai ke depo,” katanya.

Apalagi LRT Jabodebek meng­gunakan teknologi yang lebih tinggi dari MRT Jakarta ataupun LRT Sumsel (Sumater Selatan), yaitu generasi ke-3 atau Grade of Automation (GoA) Level 3.

Dengan teknologi itu, kata Didiek, memungkinkan kereta dioperasikan tanpa masinis dan mengatur jarak antar kereta menjadi lebih dekat dengan tetap konstan menjaga jarak aman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.