Dark/Light Mode

Pengguna Ferizy Tembus 1,8 Juta

ASDP Tutup Celah Percaloan

Sabtu, 11 November 2023 07:20 WIB
Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin. (Foto: Antara)
Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerapan sistem penjualan tiket online pada kapal laut yang dioperasikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), diyakini efektif menghilangkan praktik percaloan di pelabuhan.

Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indone­sia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, penerapan reservasi on­line yang dilakukan ASDP patut dipuji karena positif bagi para pengguna jasa.

Sebab, masyarakat bisa mem­peroleh tiket kapal secara on­line dengan mudah melalui Ferizy ataupun website trip.ferizy.com. Dengan cara ini, calon penumpang terbebas dari ulah calo yang kerap me-mark up harga tiket secara ilegal.

Baca juga : Pengguna Tembus 1,8 Juta, ASDP Terus Perkuat Ferizy

“Masyarakat harus terus diim­bau jangan membeli tiket via calo, atau agen perjalanan yang mengenakan biaya tambahan secara sepihak dan ilegal,” imbau Tulus di Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Tulus pun meminta manaje­men ASDP terus mensosialisasi­kan hal ini pada masyarakat dan calon konsumennya.

“Supaya mereka tidak terjebak beli via calo. Belilah tiket lewat cara yang lebih mudah dan le­gal,” sarannya.

Baca juga : Menhan Beri Habib Luthfi Anugerah Dharma Pertahanan Utama

Senada dengan Pengamat Transportasi Digitalisasi dan Akademisi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Ilham Ma­lik. Ilham Malik berpendapat, dengan dilakukannya digitalisasi di sektor transportasi, kian memudahkan perusahaan dalam pemetaan data terkait demand-supply dan sistem pembayaran.

“Lewat digitalisasi, ASDP bisa tahu demand tertinggi terjadi pada jam berapa. Jadi, bisa menyiapkan supply berupa kapal pada waktu kapan saja,” ujarnya.

Karena itu, dia mengapresiasi transformasi digitalisasi yang telah dilaksanakan ASDP.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.