Dark/Light Mode

Potensi Nilai Tambah Capai Rp 182 Triliun

Hilirisasi Rumput Laut Bisa Kalahkan Tambang

Jumat, 12 Januari 2024 07:10 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Dalam pandangannya, hilirisasi rumput laut bisa mengalahkan sek­tor pertambangan yang saat ini nilai ekspornya mencapai 34 miliar dolar AS atau Rp 525 triliun.

Jika dimanfaatkan optimal, menurut Luhut, rumput laut tidak hanya memberi nilai tambah ekonomi dan mensejahterakan masyarakat, juga mengurangi ketergantungan Indonesia pada sektor pertambangan.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kemen­terian Kelautan dan Perikanan (KKP) Budi Sulistiyo mengata­kan, potensi nilai tambah hiliri­sasi rumput laut alias emas hijau mencapai angka 11,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp 182 triliun.

Baca juga : Pemerintah Penuhi Permintaan Petani

Budi bilang, sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, Indonesia memi­liki sekitar 791 jenis rumput laut. Terdiri dari 201 rumput laut hi­jau, 138 rumput laut coklat, dan 452 rumput laut merah.

“Inilah yang membuat rumput laut menjadi emas hijau perairan nusantara, karena memang po­tensinya luar biasa,” kata Budi.

Budi menjelaskan, Indonesia saat ini adalah eksportir rumput laut mentah global terbesar di dunia setelah China.

Baca juga : Hilirisasi Kunci Sukses Capai Target Investasi

Pada 2022 produksi rumput laut nasional mencapai 9,2 juta ton. Terdiri dari 61 persen jenis e.cottonii, 22 persen e.spinosum, 15 persen glacilaria, dan 2 persen jenis lainnya. Nilai perdagangan rumput laut global mencapai total 3,7 miliar dolar AS atau Rp 57 triliun.

Kontribusi (share) Indonesia pun mencapai 16 persen dari total perdagangan rumput laut global, yakni 600 juta dolar AS atau Rp 9 triliun.

“Kondisi ini juga memposisi­kan Indonesia pada peringkat kedua eksportir rumput laut dunia setelah China,” jelasnya.

Baca juga : Ganjar: Tak Ada kekuatan Atau Alat Yang Bisa Kalahkan Rakyat

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 12/1/2024 dengan judul Potensi Nilai Tambah Capai Rp 182 Triliun, Hilirisasi Rumput Laut Bisa Kalahkan Tambang   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.