Dark/Light Mode

Terapkan Emisi Bahan Bakar Euro 4 Dan Euro 5

Luhut: Subsidi Energi Bakal Hemat Rp 50 T

Jumat, 23 Februari 2024 07:00 WIB
Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Pertamina 31.40101 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu 16/4/2022. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Pertamina 31.40101 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu 16/4/2022. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.

 Sebelumnya 
Dia juga mengarahkan Ke­menterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) merumuskan peta jalan akselerasi peningka­tan baku mutu emisi kendaraan menggunakan BBM standar Euro 4 dan Euro 5.

Luhut mengingatkan, masyarakat menghirup udara yang sama dan dampak polusi udara di Jabodetabek dinilai sangat luar biasa untuk kesehatan.

Baca juga : Ketemu METI Jepang, Airlangga Bahas Kerja Sama Ekonomi Dan Transisi Energi

Dengan begitu, tiga tahap yang akan dilakukan oleh pe­merintah bisa diwujudkan. Salah satunya dengan perbaikan emisi gas buang kendaraan melalui penyediaan BBM rendah sulfur di DKIJakarta, pengembangan angkutan umum dan penggu­naan Kendaraan Bermotor Lis­trik Berbasis Baterai (KBLBB). “Kita harus cari kiat-kiat yang cepat,” tegasnya.

Sebelumnya, Deputi IIIKepala Staf Kepresidenan Bidang Per­ekonomian Edy Priyono mengatakan, subsidi energi, seperti BBM dan LPG 3 kilogram sering dikritik tidak tepat sasaran. Hal ini dikarenakan subsidi hanya dinikmati kelas menengah atas.

Baca juga : 2.606 Napi Bebas, Negara Bakal Hemat Rp 267 Miliar

Nah, saat ini Pemerintah se­dang mengkaji langkah untuk membatasi subsidi karena me­mang tidak tepat sasaran.

Menurutnya, Pemerintah saat ini sudah memperketat pembe­rian subsidi energi. Harapannya, anggaran untuk subsidi bisa dikurangi di masa depan.

Baca juga : PUPR Tetapkan Batasan Harga Jual Rumah Subsidi Tahun 2023-2024

“Kalau tepat sasaran ang­garan bisa dikurangi dan bisa digunakan untuk hal lain yang lebih produktif dan mendukung program sosial,” katanya. DIR

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 3, edisi Jumat, 23 Februari 2024 dengan judul "Terapkan Emisi Bahan Bakar Euro 4 Dan Euro 5 Luhut: Subsidi Energi Bakal Hemat Rp 50 T"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.