Dark/Light Mode

Inovasi Agribots untuk Pertanian Berkelanjutan

Minggu, 24 Maret 2024 19:55 WIB
Inovasi agribots untuk pertanian (Foto: Istimewa)
Inovasi agribots untuk pertanian (Foto: Istimewa)

Pertanian adalah kegiatan budidaya tanaman, penggunaan lahan, dan berbagai jenis organisme lainnya yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia baik sebagai sumber pangan, bahan baku industri, maupun keperluan lainnya. Pertanian di Indonesia memiliki peran penting dalam perekonomian negara ini, karena sebagian besar lahan di Indonesia digunakan untuk kegiatan pertanian dan bahan ekspor ke luar negeri. Dalam konteks pertanian, proses ini melibatkan pemilihan dan pemanfaatan lahan, pengelolaan tanaman, serta penggunaaan berbagai teknik dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian.

Pertanian di Indonesia awalnya menggunakan pertanian konvensional yang mengacu pada praktik-praktik pertanian yang umum dan telah dilakukan secara luas sejak zaman dahulu. Biasanya, pertanian konvensional melibatkan penggunaan pestisida sintesis, pupuk kimia, dan teknik pengolahan tanah yang berfokus pada peningkatan hasil produksi. Hal-hal tersebut dilakukan untuk mengendalikan hama dan penyakit, serta meningkatkan kesuburan tanah. Tetapi, pertanian konvensional memiliki beberapa dampak negatif, seperti degradasi tanah, pencemaran air, serta ketergantungan tinggi pada bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan.

Seiring berjalannya waktu, pertanian di Indonesia akan melakukan transformasi menjadi pertanian modern. Transformasi tersebut melibatkan penerapan teknologi modern untuk mengelola lahan dan sumber daya pertanian. Pertanian modern menggunakan teknologi canggih dalam hampir semua aspek produksi, mulai dari pemilihan bibit dan benih yang unggul, penggunaan pupuk dan pestisida, hingga penggunaan peralatan dan mesin pertanian yang modern.

Hal-hal tersebut akan jauh lebih efisien jika dikaitkan juga dengan inovasi yang berkelanjutan. Inovasi tersebut ialah “Agribots” atau lebih dikenal dengan Robot Pertanian, yang merupakan perangkat atau teknologi yang dirancang khusus untuk melakukan berbagai tugas dalam konteks pertanian. Agribots menggunakan teknologi canggih seperti sensor yang dapat membantu petani mulai dari pemantauan tanaman hingga panen.

Baca juga : Ogah Kalap Belanja

Teknologi di zaman sekarang sudah banyak bermunculan, apalagi di bidang pertanian yang tidak akan pernah habis masanya, karena pertanian adalah sumber pangan manusia. Agribots adalah salah satu teknologi terbarukan yang memiliki banyak kegunaan sehingga dapat membantu pekerjaan petani lebih efisien. Berikut adalah beberapa tugas yang dapat dilakukan oleh Agribots sebagai inovasi pertanian yang terbarukan dan berkelanjutan:

  1. Agribots sebagai Pemantau Tanaman: Agribots akan dilengkapi dengan sensor yang mampu memantau kondisi tanaman secara real-time, dari mulai tingkat kelembapan tanah, kadar nutrisi, dan suhu secara tepat. Dengan ini, petani jadi lebih terbantu, karena petani lebih mengetahui kondisi tanaman tersebut sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan air, pupuk serta mendeteksi dini masalah kesehatan tanaman.
  2. Agribots sebagai Alarm dan Alat Panen Otomatis: Tanaman pasti akan selalu melewati masa panen, Agribots dapat memberi tahu petani kapan waktu yang tepat untuk tanaman dapat di panen. Agribots juga dirancang khusus untuk melakukan proses panen secara otomatis dengan cara menerapkan penglihatan komputer dan tangan robotik yang dapat mengenali dan memanen produk pertanian dengan tepat. Contohnya seperti, memetik sayur, buah atau tanaman lainnya.
  3. Agribots sebagai Alat Pemupukan Dan Pemeliharaan Lahan: Dengan menerapkan sistem ini pada perangkat Agribots, dapat berguna untuk pemberian pupuk yang tepat sasaran, serta dapat melakukan pemeliharaan fisik pada tanah dan dapat mendeteksi kondisi pada lahan.
  4. Agribots sebagai Alat Otomatis Penyemprotan Pestisida: Pada Agribots akan diberikan sensor untuk mengidentifikasi area yang terinfeksi hama atau penyakit tanaman. Hal ini dapat mengurangi penggunaan pestisida secara berlebihan dan meminimalkan sasaran petani terhadap bahan kimia yang berbahaya.

Dengan pemaparan tugas-tugas Agribots, maka Agribots dapat membantu meningkatkan produktivitas pertanian secara otomatis dan efisien, Agribots dapat melakukan pekerjaan dengan kecepatan dan konsistensi yang lebih tinggi daripada tenaga manusia. Selain itu, penggunaan Agribots dapat mengurangi risiko cedera dan paparan terhadap bahan kimia berbahaya bagi petani. Agribots adalah cara yang paling solutif untuk menanganinya dan dapat membantu meningkatkan keselamatan petani.

Selain keunggulan Agribots yang hanya berfokus pada tanaman dan lahan, adapun keunggulan Agribots sebagai teknologi yang ramah lingkungan. Agribots dapat dioperasikan menggunakan sumber energi terbarukan seperti tenaga surya atau biogas. Agribots yang sumber energinya dari panel surya akan menghasilkan listrik dari sinar matahari, panel surya ini dapat mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik.

Selama siang hari, panel surya akan mengisi baterai yang menyimpan energi listrik untuk digunakan saat diperlukan. Sedangkan Agribots yang sumber energinya dari biogas yaitu gas yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan organik, seperti limbah pertanian, limbah hewan ternak atau bahkan kotoran manusia. Dengan mengintegrasikan sumber energi terbarukan seperti tenaga surya atau biogas, Agribots dapat menjadi solusi ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam pertanian modern. Dan juga dapat berpotensi pada infrastruktur pertanian.

Baca juga : Indonesia Vs Vietnam, Kemenangan Harga Mati

Inovasi Agribots adalah inovasi dalam bidang pertanian yang berkelanjutan, maka dari itu, adapun upaya yang berkaitan dengan infrastruktur untuk mendukung penggunaan energi terbarukan dalam bidang pertanian. Insfrastruktur tersebut mendukung penggunaan energi terbarukan untuk mencakup pengembangan sistem pengisian daya yang tepat, dapat melalui cara dengan membuat shuttle atau tempat khusus agar Agribots dapat mengisi daya dengan optimal pada lokasi yang strategis untuk mendapat sinar matahari yang maksimal. Sedangkan Agribots yang sumber energinya dari biogas, harus didukung dengan tempat pengelolaan pembuatan biogas agar lebih efisien jika Agribots ingin digunakan.

Peningkatan infrastruktur juga harus mencakup teknologi dan sistem yang memungkinkan dalam  pemantauan dan pengelolaan yang efisien, Selain itu, pelatihan juga penting untuk memastikan bahwa petani dan pihak-pihak yang terkait pada sektor pertanian memahami dan dapat menggunakan infrastruktur energi terbarukan melalui inovasi Agribots dengan efektif dan efisien.

Sektor pertanian di Indonesia akan menjadi salah satu sumber kekayaan karena sumber daya alam yang berlimpah, maka dari itu, inovasi-inovasi pada sektor pertanian akan jauh lebih dibutuhkan di masa yang akan datang, dengan tujuan untuk membantu para petani melakukan pekerjaannya lebih efisien. Namun, dengan kemunculan inovasi Agribots akan menghasilkan sebuah tantangan yang harus di hadapi, seperti biaya awal yang tinggi, keterbatasan pengetahuan dan keterampilan, ketergantungan pada cuaca akibat sumber daya yang digunakan, dan kesulitan teknis dalam perawatan teknologi.

Dari beberapa tantangan tersebut, diperlukan suatu terobosan atau solusi untuk menghadapinya, yaitu dengan membuat skema pembiayaan yang fleksibel yaitu bekerja sama dengan pihak terkait seperti pemerintah dan lembaga keuangan, diadakannya program pelatihan untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Baca juga : Asosiasi Ritel Dukung Pemberantasan Impor Ilegal Dan Jastip

Dengan mengatasi tantangan tersebut, pengembangan pada teknologi Agribots dan energi terbarukan dalam pertanian dapat berperan penting dalam mendukung pertanian yang lebih efisien, dan berkelanjutan di masa depan, serta membuat petani menjadi sejahtera dan sektor pertanian di Indonesia akan jauh lebih maju sehingga dapat menghasilkan produk pertanian yang baik dan memiliki nilai jual yang tinggi, serta dapat berpengaruh pada perekonomian dan infrastruktur di Indonesia.

Dien Fitri Novita
Dien Fitri Novita
Pendukung Lingkungan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.