Dark/Light Mode

Solusi Liburan Hijau: Green2Go untuk Pengelolaan Sampah di Kawasan Jalan Tol

Rabu, 17 April 2024 12:58 WIB
Visualisasi Pos Sampah Green2Go (Gambar: Dok. Pribadi)
Visualisasi Pos Sampah Green2Go (Gambar: Dok. Pribadi)

Sampah merupakan permasalahan lingkungan yang tidak ada habisnya. Data SIPSN tahun 2022 melaporkan bahwa sebanyak 7,2 juta ton dari 21.1 juta ton sampah di Indonesia belum terkelola dengan baik (Kemenkopmk, 2023). Kondisi ini menunjukkan bahwa sebesar 34% sampah hanya menumpuk begitu saja tanpa adanya pengelolaan. Apabila sampah-sampah tersebut tidak dikeola dengan baik, permasalahan baru akan muncul dan menyebabkan dampak negatif bagi lingkungan, bahkan makhluk hidup. Berbagai penyakit berbahaya berpotensi muncul dikarenakan sampah merupakan tempat perkembangbiakan bakteri, virus, dan parasit (Wirnawati, 2024). Oleh karena itu, masalah pengelolaan sampah merupakan urgensi yang perlu segera dicarikan penyelesaiannya.

Pengelolaan Sampah Ketika Mudik

Pemerintah telah mengusahakan berbagai upaya untuk mengelola sampah dengan baik. Misalnya, pada tahun 2016 Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menerapkan kampanye 'Mudik Minim Sampah' yang mana pemudik dan pihak terkait penanganan mudik dihimbau agar dapat mengelola sampah dengan lebih baik. Kampanye ini dibentuk dengan tujuan menjaga kebersihan lingkungan selama masa libur lebaran. Meskipun begitu, kampanye ini tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Pada 2022, sampah sisa makanan dan popok bayi terlihat menghiasi sepanjang jalan Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 33 ke arah Jawa (CNNIndonesia, 2022). Kondisi ini menunjukkan bahwa di tahun ke-7 sejak berdirinya kampanye ini, kampanye 'Mudik Minim Sampah' masih memiliki banyak kekurangan yang perlu disempurnakan.

Menurut data dari Kementerian Perhubungan, hasil monitoring sejak 14 April hingga 2 Mei 2023 menunjukkan bahwa kendaraan yang berlalu lalang di jalan tol menyentuh angka 4 juta (Liputan6, 2023). Meskipun begitu, minimnya sarana pengelolaan sampah di jalan tol menjadikan jalan tol dan rest area sasaran utama dalam peningkatan jumlah timbunan sampah, terlebih lagi saat pergerakan masyarakat selama periode liburan turut meningkat.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, sebesar 123,8 juta masyarakat Indonesia melakukan pergerakan selama masa mudik lebaran tahun 2023 (BBC, 2023). Selaku dengan kuatnya arus mudik dan arus balik lebaran, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperkirakan sekitar 49,5 ribu ton sampah akan timbul selama beberapa minggu berikutnya (Hairani, 2023). Kondisi ini menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan sarana pengelolaan sampah yang baik dan mudah untuk diakses oleh semua pemudik.

Pos Sampah Green2Go Sebagai Solusi

Untuk menjawab permasalahan tumpukan sampah pada saat liburan yang terfokus di kawasan tol terutama rest area, penulis menciptakan Pos Sampah Green2Go. Pos Sampah Green2Go merupakan sarana yang membantu pengelolaan sampah di kawasan tol. Pos ini menyediakan layanan drive-thru pembuangan sampah yang memudahkan para pengemudi kendaraan untuk membuang sampah dari kendaraan mereka tanpa perlu turun dari kendaraan. Dengan slogan “Tetap Hijau Saat Liburan”, tumpukan sampah di jalan selama musim liburan diharapkan dapat berkurang.

Baca juga : Soal Konflik Di Papua, Komnas HAM Dorong Pendekatan Keamanan Yang Terukur

Pos Sampah Green2Go terletak di ujung kawasan rest area sebelum kendaraan kembali memasuki jalur tol. Pos tersebut dilengkapi dua jenis layanan:

1. Layanan drive-thru

Pos ini menyediakan layanan self-service dengan sistem drive-thru sehingga pengemudi dapat memilih jenis sampah apa yang akan mereka keluarkan dari kendaraan (organik, anorganik, B3, sampah kertas, dan sampah residu) melalui layar touchscreen. Setelah pengemudi memilih satu atau lebih opsi jenis sampah, tempat sampah yang dibedakan untuk masing-masing jenis sampah yang dibedakan oleh warna secara otomatis muncul dibawah layar tersebut. Pengemudi dapat langsung membuang sampah sesuai dengan tempatnya. Dengan sampah yang telah dibuang sesuai dengan tempatnya, pengelolaan sampah akan menjadi jauh lebih mudah.

2. Rewarding

Setelah pengemudi menyelesaikan kegiatan pertama, pengemudi akan bertemu dengan seorang penjaga pos sampah yang bertugas. Penjaga pos sampah akan memberikan informasi seputar berat sampah yang baru saja dikeluarkan. Apabila kendaraan tercatat mengeluarkan sampah kurang dari 3 kg, penjaga pos sampah akan memberikan reward berupa voucher diskon di restoran lokal terdekat. Apabila kendaraan mengeluarkan sampah sebesar 3 kg, penjaga pos akan memberikan reward berupa berupa voucher diskon di restoran lokal terdekat dan produk- produk ramah lingkungan, seperti botol minum stainless steel dan tas belanja kain.

Terakhir, apabila kendaraan membuang sampah lebih dari 3 kg, pengemudi berhak mendapatkan voucher diskon di restoran lokal terdekat, produk-produk ramah lingkungan, serta kesempatan perjalanan wisata ke destinasi alam. Layanan rewarding bertujuan sebagai bentuk motivasi para pengemudi kendaraan dalam membantu pengelolaan sampah di Indonesia, khususnya pengelolaan sampah di kawasan jalan tol.

Baca juga : Libur Lebaran, BPBD Lumajang Gercep Bantu Pengamanan Objek Wisata

Karena layanan ini membutuhkan dana yang cukup besar dalam penyediaan layar touchscreen, penyediaan tempat sampah yang dibedakan oleh warna tertentu, pemberian gaji kepada penjaga pos sampah, serta dana untuk pemberian hadiah kepada pengemudi pengguna pos sampah, dibutuhkan kerjasama oleh berbagai pihak yang peduli terhadap isu penumpukan sampah, seperti Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK) dan pemerintah setempat. Dengan kerjasama yang tekun, layanan ini dapat menjadi solusi dari permasalahan pengelolaan dan penumpukan sampah, khususnya di kawasan jalan tol.

Penutup

Pos Sampah Green2Go merupakan layanan pengelolaan sampah yang dapat diakses oleh publik di kawasan jalan tol, khususnya rest area. Dengan tujuan menghijaukan lingkungan jalan tol, Pos Sampah Green2Go mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dalam pengelolaan sampah yang baik. Masyarakat dapat menyumbangkan sampah dan mendapatkan apresiasi sekaligus, menjadikan layanan ini layanan yang sangat menguntungkan bagi lingkungan dan masyarakat. Dengan kerja sama dari masyarakat, sarana ini dapat menjadi solusi pengelolaan sampah di kawasan tol yang efektif.

Daftar Pustaka

BBC. (2023, April 19). Retrieved April 13, 2024, from bbc.com: https://www.bbc.com/indonesia/articles/cv20gvw00vdo

Budiastrawan, I. P. (2023, April 25). detikbali. Retrieved from detik.com: https://www.detik.com/bali/berita/d-6689515/66-5-ton-sampah-berceceran-di-jalan-pelabuhan-gilimanuk-selama-arus-mudik

CNNIndonesia. (2022, April 30). https://www.cnnindonesia.com/nasional/. Retrieved from cnn.indonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220430105849-20- 791667/sampah-makanan-hingga-popok-bayi-berserakan-di-tepi-jalan-tol-japek

Baca juga : Bank Saqu Dukung Penggunaan QRIS dan BI Fast di Pameran Jakcloth Ramadan 2024

Dislhk. (2019, Agustus 22). Retrieved from dislhk.badungkab.go.id: https://dislhk.badungkab.go.id/artikel/18358-upaya-pemerintah-dalam-menangani-isu- sampah-plastik

Hairani, R. (2023, April 19). Mudik Lebaran 2023. Retrieved April 13, 2024, from rri.co.id: https://www.rri.co.id/kalimantan-utara/mudik-2023/217263/klhk-prediksi-mudik- hasilkan-puluhan-ribu-ton-sampah

Kemenkopmk. (2023, Agustus 5). Revolusi Mental. Retrieved from kemenkopmk.go.id: https://www.kemenkopmk.go.id/72-juta-ton-sampah-di-indonesia-belum-terkelola- dengan-baik

Kiswondari. (2023, April 26). Nasional. Retrieved from news.okezone.com: https://nasional.okezone.com/read/2023/04/26/337/2804183/sampah-pemudik- berceceran-di-dekat-rest-area-tol-cipali

KLHK. (2024). Program Mudik Minim Sampah Kini Terintegrasi Dengan Mudik Nasional. Retrieved April 13, 2024, from https://www.menlhk.go.id/news/program-mudik-minim- sampah-kini-terintegrasi-dengan-mudik-nasional/

Liputan6. (2023, Mei 2). liputan6.com/bisnis/. Retrieved from liputan6.com: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5275343/hampir-4-juta-kendaraan-lalu-lalang-di- tol-selama-mudik-dan-arus-balik-lebaran-2023

Wirnawati. (2024, Januari 27). Kesehatan. Retrieved from rri.co.id: https://www.rri.co.id/kesehatan/533129/dampak-buang-sampah-sembarangan

Danish Ammara Nasution
Danish Ammara Nasution
Peserta NECSC 2024

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.