Dark/Light Mode

Survei Indonesia Property Watch: Rumah Di Bawah Rp 1,5 M Tetap Laris Meski Ada Pandemi

Senin, 26 Oktober 2020 10:44 WIB
Cluster Cendana Homes dari Lippo Karawaci (Foto: Dok. LPKR)
Cluster Cendana Homes dari Lippo Karawaci (Foto: Dok. LPKR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski ada pandemi Covid-19, pasar properti masih tumbuh positif. Survei konsumen yang dilakukan Indonesia Property Watch (IPW) pada awal September 2020 terhadap 285 responden, yang terdiri dari masyarakat usia 35-55 tahun yang berdomisili di Jakarta, Jawa, dan luar Pulau Jawa, menyebutkan bahwa sebanyak 68,09 persen konsumen menyatakan masih berminat membeli properti.

CEO Indonesia Property Watch Ali Tranghanda mengatakan, sebanyak 51,06 persen masyarakat masih melirik properti rumah. Minat pembelian tanah kavling pun relatif tinggi sebesar 22,34 persen, apartemen sebesar 11,7 persen, SOHO/Ruko/Rukan sebesar 10,64 persen, dan sisanya untuk gudang, vila, kondotel, dan lainnya. "Saat ini tren pembelian properti didominasi rumah untuk segmen menengah yang harganya mencapai kisaran Rp 1,5 miliar. Rentang harga itu paling banyak dicari konsumen," ujar Ali, Senin (26/10).

Salah satu proyek properti, di bawah harga Rp 1 miliar yang laris manis diburu konsumen yakni rumah tapak Lippo Karawaci Cendana Homes. Proyek anyar itu diserbu habis pembeli dalam waktu kurang 5 jam. Cendana Homes mengedepankan konsep permukiman hijau. Hal ini mengulang sukses dari peluncuran perdana tahap pertama rumah tapak milik Lippo sebanyak 324 unit yang juga terjual habis dalam beberapa jam saja. Cendana Peak merupakan proyek kedua setelah peluncuran klaster Cendana Homes pada Juli lalu yang mengalami kelebihan permintaan hingga tiga kali lipat.

Baca juga : Frisian Flag Indonesia Dukung Peternak Tingkatkan Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Dijelaskan Ali, untuk segmen menengah ke atas, permintaan juga masih tumbuh. Ditandai dengan hadirnya berbagai proyek anyar yang diluncurkan pengembang. Data IPW menyebutkan, rentang harga yang diminati berkisar antara Rp 500 juta sampai Rp 1 miliaran sebesar 29,79 persen, diikuti Rp 300 juta sampai Rp 500 juta sebesar 28,72 persen, Rp 1 sampai Rp 3 miliar sebesar 23,40 persen, di bawah Rp 300 juta sebesar 10,64 persen, dan sebesar 7,45 persen untuk properti harga di atas Rp 3 miliar.

Ali menambahkan, karena pasar saat ini sangat volatile, juga bisa terjadi berbagai kemungkinan. Misalnya, konsumen yang dulu ingin membeli properti seharga di atas Rp 1,5 miliaran, sekarang diperkirakan memilih segmen harga yang lebih rendah di kisaran Rp 500 juta sampai Rp 1,5 miliar. Temuan lain, terdapat fenomena yang masyarakat masih menunda untuk membeli rumah kisaran harga di bawah Rp 300 juta atau rumah subsidi untuk sementara waktu. Ini terjadi karena faktor daya beli yang cenderung melemah.

IPW juga menemukan tujuan pembelian properti saat ini beragam. Sebanyak 42,55 persen membeli properti untuk disimpan dalam jangka panjang (investor jangka panjang). Sedangkan, sebesar 22,34 persen membeli properti untuk segera dihuni. Namun, ada juga yang membeli properti untuk segera dijual lagi jika harga naik nantinya (investor jangka pendek/spekulator), sebesar 18,09 persen. Selain itu, motif properti sebagai tabungan untuk anak-anak mewakili sebesar 10,64 persen.

Baca juga : Pameran Indonesia Properti Virtual Expo di Perpanjang

Dilihat dari preferensi konsumen dalam memilih properti, 28,46 persen responden menyatakan lebih melihat dari berapa harga unit yang ditawarkan. Selanjutnya 16,21 persen melihat dari brand pengembang, diikuti kedekatan dengan fasilitas umum sebesar 15,42 persen. Faktor luas tanah dan luas bangunan ternyata tidak terlalu memengaruhi pengambilan keputusan konsumen, selama harga unit yang ditawarkan sesuai.

Namun, terdapat temuan menarik, dalam hal pembelian properti, konsumen menimbang banyak faktor sehingga bisa saja menunda pembelian sambil melihat perkembangan pasar. Responden yang akan merealisasikan pembelian properti dalam jangka waktu di bawah 6 bulan sebesar 11,7 persen, 6 bulan sampai 1 tahun sebesar 10,64 persen, dan selebihnya memilih untuk membeli properti lebih dari 1 tahun. Sisanya, responden belum berencana kapan akan memutuskan untuk membeli properti.

Faktor harga masih menjadi pertimbangan pengambilan keputusan membeli properti saat ini. Sebesar 34,45 persen responden memilih faktor harga yang lebih murah sebagai pertimbangan utama. Selain itu, cara pembayaran yang fleksibel dan promo menarik dari pengembang menjadi faktor penting berikutnya.

Baca juga : Puan Pastikan DPR Tetap Produktif di Masa Pandemi

Ali menilai, keberhasilan LPKR menjual rumah tapak karena strategi yang tepat sehingga bisa mengalami permintaan yang tinggi. Apalagi, pasokan rumah tapak, dari sisi supply memang kurang. Selain itu, lokasi Lippo Karawaci memang paling strategis karena bersentuhan langsung dengan akses Tol Jakarta-Merak di mana banyak masyarakat yang tinggal di ujung barat Jakarta yang akan tertarik untuk mendekat di daerah kerjanya di Jakarta.

Berdasarkan riset yang dilakukan IPW, di kawasan Banten terjadi lonjakan permintaan hunian hingga dua kali lipat. Selama ini pasokan properti banyak berasal dari segmen atas dan segmen bawah. Sementara itu, segmen menengah kurang. Kata Ali, produk seperti yang diluncurkan Lippo itu yang ditunggu oleh segmen menengah. Dengan rentang harga Rp600 jutaan hingga Rp 1,5 miliar, Lippo Karawaci dinilai sangat jeli melihat pasar. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.