Dark/Light Mode

Maskapai Lion Air Layani Penerbangan Umroh Rute Surabaya-Jeddah

Selasa, 15 Desember 2020 22:09 WIB
Lion Air meresmikan penerbangan pertama umroh periode 1442 hijriah atau 2020-2021 dengan rute Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB).
Lion Air meresmikan penerbangan pertama umroh periode 1442 hijriah atau 2020-2021 dengan rute Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB).

RM.id  Rakyat Merdeka - Lion Air meresmikan penerbangan pertama umroh periode 1442 hijriah atau 2020-2021 dengan rute Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB). 

Penerbangan ini bertujuan ke Jeddah melalui Bandar Udara Internasional King Abdulaziz, Arab Saudi (JED).

Pelaksanaan terbang perdana diresmikan oleh Chief Executive Officer (CEO) Lion Air, Rudy Lumingkewas yang diwakilkan oleh Operation Director of Lion Air, Capt. I Putu Wijaya; Presiden Direktur Dream Group, Muhammad Umar Bakadam beserta mitra terkait.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pelaksanaan operasional penerbangan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : Ibas Kawal Program Perahu Nelayan Dan Penerangan Jalan Umum Di Pacitan

"Seluruh pelaksanaan operasional penerbangan dan persyaratan bagi awak pesawat serta tamu jemaah dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan," kata Danang dalam siaran persnya, Jakarta, Selasa (15/12).

Penerbangan tujuan Jeddah ini terlaksana setelah Lion Air memenuhi semua kualifikasi atau persyaratan audit keselamatan dan keamanan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan otoritas penerbangan sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA).

Danang mengatakan, layanan umroh Lion Air menargetkan tingkat kinerja ketepatan waktu (on time performance/ OTP) rata-rata 92 persen.

Upaya tersebut sejalan memberikan layanan istimewa kepada jamaah umroh sebagai tamu berdasarkan sistem terstruktur dan komprehensif antara perawatan pesawat, operasional di bandar udara serta keputusan cepat dan tepat.  

Baca juga : Jangan Takut Buka Sekolah

Dalam kesempatan yang sama, Lion Air juga meluncurkan layanan Premium Service pada penerbangan jarak jauh (long haul). Layanan ini memfasilitasi jemaah umroh sebagai jemaah pertama dengan menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus 330-300CEO.

Adapun layanan tersebut mencakup bagasi, makanan di dalam pesawat (inflight meals) yang tersedia dalam kelas bisnis dan ekonomi. Hiburan selama perjalanan (inflight entertainment), musik religi, audio video pada setiap kursi.

"Untuk kenyamanan tamu dari masing-masing kota asal, Lion Air telah mempersiapkan awak kabin guna membantu kemudahan komunikasi dari bahasa," kata Danang.

Pengoperasian Airbus 330-300 CEO dinilai tepat sebagai bagian pendukung model bisnis dan mencerminkan kesungguhan dalam memperluas jaringan. Tata letak kursi lorong ganda (double aisle) terdiri dari 18 kelas bisnis dan 374 kelas ekonomi.

Baca juga : Garuda Indonesia, Maskapai Penerbangan Dengan Prokes Terbaik Dunia

"Lion Air dapat meningkatkan jaringan bisnis penerbangan berkonsep premium services airlines termasuk memperkuat jaringan di segmen jarak jauh," kata Danang.

Danang menambahkan seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter bekerja efektif dengan tingkat 99,9 persen menghilangkan partikel seperti virus, bakteri dan jamur sebelum udara kembali didistribusikan (sirkulasi) ke kabin. 

Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC).

Metode ini dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) di mana pesawat Lion Air berada. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.