Dark/Light Mode

Stafsus Presiden : Kuartal IV 2020, Ekonomi Indonesia Menuju Pulih

Jumat, 5 Februari 2021 15:11 WIB
Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Arif Budimanta. (Foto: Antara)
Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Arif Budimanta. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Arif Budimanta mengatakan pertumbuhan ekonomi di kuartal IV 2020 yang minus 2,19 persen (year on year/yoy) mengindikasikan menuju pulih.

Ekonomi Indonesia kuartal IV 2020 terkontraksi -2,19 persen (yoy), hal tersebut sudah sesuai dengan yang diperkirakan, dan menunjukkan perbaikan dibandingkan kuartal III (yoy) yang - 3,49 persen dan II (yoy) -5,32 persen,” kata Arif di Jakarta, Jumat (5/2)?

Baca juga : Iconomics Award 2021, OJK Akui Ekonomi Syariah Di Indonesia Berkembang Pesat

Arif mengatakan pertumbuhan ekonomi yang masih terkontraksi itu karena tekanan dari dampak pandemi Covid-19 yang begitu besar menghantam perekonomian domestik, baik dari sisi konsumsi dan investasi.

Ia menambahkan pandemi juga telah menggoyahkan ekonomi global yang berimbas pada turunnya kegiatan perdagangan internasional. “Dampak pandemi juga terasa di kuartal IV 2020, ketika agenda tahunan seperti Natal dan Tahun Baru tidak cukup kuat dalam menggerakan ekonomi seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Baca juga : Indeks Persepsi Korupsi Melorot, Indonesia Setara Gambia

Arif mengklaim, jika pertumbuhan ekonomi Indonesia dibandingkan dengan negara-negara mitra dagang utama di periode yang sama, seperti dengan Singapura yang minus 5,8 persen, Amerika Serikat (-3,5 persen), Uni Eropa -6,4 persen, kondisi ekonomi Indonesia relatif lebih baik.

Untuk keseluruhan 2020 yang lalu, pertumbuhan ekonomi RI tercatat - 2,07 persen (yoy), namun pengeluaran konsumsi pemerintah masih tumbuh 1,94 persen. Ia meyakini jika disiplin protokol kesehatan terus terjaga, dan konsumsi masyarakat terus menggeliat, maka pada 2021, ekonomi Indonesia dapat tumbuh positif dan sesuai harapan.

Baca juga : Yoonsoo Kim Resmi Jadi Presiden Baru Samsung Electronics Indonesia

“Program padat karya dan program lain yang dapat membuka lapangan kerja menjadi sangat penting untuk meningkatkan daya beli masyarakat disamping program perlindungan sosial yang juga akan tetap dilakukan pemerintah,” ujarnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.