Dark/Light Mode

Percaya Tangsel Jadi Bumi Investasi Menarik

Investor Pilih Menunggu Pilpres

Jumat, 5 April 2019 22:35 WIB
Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie. (Foto: Istimewa).
Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Dalam kurun setengah dekade ini, Tangsel memiliki magnet investasi cukup kuat. Tarikan ini dapat dilihat dari kemajuan usaha. Semuanya berkembang cukup baik.

 Secara khusus dapat dihitung pertumbungan ekonomi Tangsel 7,3-7,4 persen itu diintervensi oleh investasi sektor swasta,” paparnya. 

Sentimen dari pembiayaan pemerintah pun jadi penentu. Meski tidak terlalu signifikan. Misalnya, di Tangsel dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kisaran angka Rp 3 triliun lebih setiap tahunnya. Dapat menjadi stimulan roda perekonomian masyarakat.

Baca juga : Peluang Bisnis Di Ethiopia, Ini Kiat Bagi Investor Indonesia

“Investasi pemerintah daerah melalui APBD. Yang diinvestasi sektor swasta mencapai 85 persen lebih dan Angkanya bertahan seperti itu. Karena Investasi go vern ment spending misalnya, itu masih di bawah 15-20 persen,” jelas birokrat yang pernah menjabat Humas Pemkab Tangerang.

Ada peningkatan pada aspek Produk Domestik Regional Bruto (PDBR). Dari Rp 14 triliun dari PDRB angkanya naik Rp 11 triliun. Itu dari tahun sebelumnya.

Demikian tersebut menggambarkan kondisi investasi Tangsel. Memang ada yang keluar mengurangi volume investasinya. Namun juga ada yang masuk. Pengurangan volume investasi ini ada garmen dan spatu.

Baca juga : Menperin Bidik Investor Asing

Bukan karena kondisi internal Kota Tangsel, tetapi lantaran pesanannya berkurang. Salah satu pengusaha property, Mizz Farhadiba mengungkapkan banyak investor menunda investasinya. Itu wajar.

Mengapa? Karena investasi berkaitan dengan situasi politik yang berkembang. Sangat berpengaruh sekali. Oleh sebab itu, para investor memilih menunggu Pilpres. Walaupun menunggu. Waktunya tidak lama, hanya sebentar saja. Selesai Piplres pasti kembali menentukan usahanya.

“Para investor perlu kepastian. Dengan keadaan politik kita sekarang. Mungkin mereka juga ada kekhawatiran,” terang wanita yang juga Ketua Kadin PB Tangsel ini.[DIN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.