Dark/Light Mode

Pangsa Pasar Karya Anak Bangsa Ini Ditaksir Rp 1 T Per Tahun

Top, Bioavtur Sukses Diuji Coba Pesawat CN-235…

Kamis, 7 Oktober 2021 06:40 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada acara `Seremonial Keberhasilan Uji Terbang Dengan Bahan Bakar Campuran Bahan Bakar Bioavtur 2,4% (J2.4)` yang dilakukan secara virtual, Rabu (6/10). (Foto: Dok. ekon.go.id).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada acara `Seremonial Keberhasilan Uji Terbang Dengan Bahan Bakar Campuran Bahan Bakar Bioavtur 2,4% (J2.4)` yang dilakukan secara virtual, Rabu (6/10). (Foto: Dok. ekon.go.id).

 Sebelumnya 
Sejarah Baru

Menteri Energi ESDM Arifin Tasrif mengatakan, sejarah baru tercatat melalui keberhasilan uji penerbangan pesawat CN235-220 FTB.

Pesawat rute Bandung menuju Jakarta tersebut menggunakan bahan bakar nabati campuran minyak kelapa sawit.

Baca juga : Tambah Investasi Rp 4 T, Bahlil Sukses Lobi FrieslandCampina

“Keberhasilan ini akan menjadi tahap awal peningkatan kontribu­si bioavtur di sektor transportasi udara. Dalam rangka mening­katkan ketahanan dan keamanan energi nasional,” ujar Arifin.

Menurut dia, penelitian dan pengembangan harus terus di­lakukan untuk dapat menghasil­kan produk J100.

“Penggunaan bioavtur di­harapkan dapat diterapkan pada seluruh maskapai di Indonesia, dan juga maskapai penerbangan mancanegara,” ucap Arifin.

Baca juga : XTEN, Apparel Olahraga Baru Karya Anak Bangsa Resmi Diluncurkan Di Tanggal Bersejarah

Seperti diketahui, dalam upaya melaksanakan Peraturan Menteri ESDM Nomor 12 tahun 2015, Ke­menterian ESDM bersama Komisi Teknis 27-04 Bioenergi, telah menyusun SNI Bioavtur Murni/ Biojet. Dan telah terbit pada tahun 2018 dengan nomor 8674:2018.

PT Pertamina (Persero) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) juga sudah melakukan uji coba co-processing kerosene dengan minyak nabati. Untuk menghasil­kan prototype produk bioavtur.

Serangkaian uji karakteristik material bahan bakar telah dilaku­kan, meliputi titik nyala densitas, titik beku, kestabilan termal JF­TOT, aromatik, titik kabut, LHV, viskositas dan specific gravity.

Baca juga : Produk Minuman Karya Anak Bangsa Kembali Raih Penghargaan Kelas Dunia

Berdasarkan karakter uji sifat fisika dan uji statik di test cell, J2.4 sudah siap dipakai dalam kegiatan uji terbang. Ini sebagai tahap pengujian lanjutan untuk memasti­kan kehandalan, keamanan dan keberhasilan bioavtur. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.