Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Naik Garuda Ke Amerika, Presiden Bawa 62 Orang

Rabu, 11 Mei 2022 07:36 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana saat bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Washington DC, kemarin. (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana saat bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Washington DC, kemarin. (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi bertandang ke Amerika Serikat (AS). Jokowi datang dengan membawa rombongan besar. Totalnya, 62 orang. Rombongan terbang dengan pesawat Garuda Indonesia, dengan cat putih bergaris merah. Di negeri Joe Biden tersebut, Jokowi akan mengikuti KTT ASEAN-AS.

Rombongan yang ikut Jokowi antara lain, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Adapun Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sudah berada di AS duluan, untuk menyiapkan kunjungan kerja tersebut. Begitu juga Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Jokowi dan rombongan bertolak dari Bandara Soekarno Hatta, kemarin. Keberangkatan Jokowi dilepas Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dan beberapa pejabat lainnya, seperti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Baca juga : Sebelum Jokowi Berangkat Ke Amerika, Wapres Datangi Istana

Selain kegiatan pokok KTT ASEAN-AS, Jokowi juga punya seabreg agenda lain di Negeri Paman Sam itu. Seperti, melakukan pertemuan dengan anggota Kongres, para CEO besar Amerika, Wapres AS Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika.

Jokowi dan rombongan direncanakan dari AS pada Jumat malam (13/5) waktu setempat. Kepala Negara dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Minggu pagi (15/5).

Di dunia maya, keberangkatan Jokowi ke Amerika ini, jadi bahan obrolan hangat. Namun, bukannya agenda kenegaraan yang jadi sorotan, para netizen malah ributin pesawat yang ditumpangi Jokowi. Mereka bertanya-tanya, kenapa Jokowi tidak menggunakan pesawat kepresidenan.

Baca juga : Amerika Puji Presidensi G20 Indonesia

Memang, penerbangan Jokowi menuju Bandara Andrew Air Force Base di Washington DC itu, menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Tipenya: Boeing B777-300ER. Pesawat tersebut dilengkapi livery atau corak khusus seperti pesawat kenegaraan, berupa kombinasi warna merah putih, yang disertai dengan lambang negara dan tulisan Republik Indonesia.

Apa alasan Jokowi menggunakan Garuda Indonesia? Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, jika menggunakan Pesawat Kepresidenan, butuh 2 kali transit untuk perjalanan ke AS. Sehingga, tim yang dibutuhkan akan lebih banyak. Karena setiap kali transit harus ada tim advan yang berangkat terlebih dahulu. Pesawat kepresidenan hanya mampu terbang tanpa isi ulang bahan bakar sejauh 8.600 km selama 10-12 jam. 

Selain jarak, kapasitas pesawat juga menjadi pertimbangan mengapa lawatan ke AS menggunakan pesawat carter. Pesawat kepresidenan hanya mampu menampung 48 penumpang. Sementara, tim yang berangkat 62 orang.

Baca juga : Arus Balik Lebaran, Polisi Terapkan Lawan Arus Di Jalur Nagreg

Dengan menggunakan pesawat carter, seluruh perangkat yang mendampingi Presiden dapat terbawa dalam satu kali penerbangan, termasuk para menteri. "Dan tim advan akan ikut kembali bersama pesawat itu. Sehingga lebih efisien," terang Heru.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.