Dark/Light Mode

42 Tim Evakuasi Siap Jemput 250 WNI di Hubei

Sabtu, 1 Februari 2020 14:37 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah) bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) dan Menteri Kesehatan dalam jumpa pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2). (Foto: Istimewa)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah) bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) dan Menteri Kesehatan dalam jumpa pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, pemerintah akan mengevakuasi sebanyak 245 warga negara Indonesia (WNI) dan lima tim advance yang berada di Provinsi Hubei, China. Menggunakan pesawat berbadan lebar milik maskapai Batik Air.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dalam jumpa pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2).

"Jumlah WNI yang akan kembali adalah 245, plus lima tim kita yang sudah ada di lapangan ikut pulang untuk ikut protokol kesehatan. Jadi total yang akan naik dari Wuhan adalah 250," kata Retno.

Baca juga : Retno Jadi Bintang

Dalam upaya penjemputan ini, pemerintah menerjunkan 42 tim evakuasi yang terdiri dari perwakilan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, dan Kru Batik Air.

Terkait hal ini, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, yang dievakuasi adalah WNI dalam kondisi sehat.

Menurutnya, penjemputan ini akan dilakukan sesuai dengan protokoler kesehatan.

Baca juga : Cepat Evakuasi WNI Dari Wuhan

Setelah WNI tiba dari Hubei, mereka juga tetap harus menjalani protokol kesehatan di Indonesia.

Evakuasi WNI ini merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo, menyusul maraknya wabah virus Corona yang kini mendunia. Terlebih, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan status darurat global untuk kasus ini.

Sejak berjangkit sejak akhir Desember 2019, virus Corona Wuhan telah merenggut 259 nyawa warga China daratan, dari total 11.943 kasus global. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.