Dark/Light Mode

Kasus Positif Melonjak

Muhadjir: Vaksin Bukan Senjata Pamungkas Basmi Virus Corona

Selasa, 1 Desember 2020 08:17 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Instagram)
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Menurut Muhadjir, apabila berkumpul dengan banyak orang dalam waktu lama di ruang tertutup dengan pendingin ruangan, kemungkinan mikro droplet bertebaran di udara dan terinkubasi dalam ruangan itu. “Menurut saya justru di situ beberapa kasus terjadi. Klaster kecil dari pertemuan tertutup yang sembrono yang tidak mau mematuhi protokol kesehatan itu,” jelasnya.

Berita Terkait : 500 Relawan Papua Ikuti Pelatihan Satgas Covid-19

Dalam kesepatan ini, Muhadjir mengatakan, pemerintah berencana mendistribusikan vaksin Covid-19 secepatnya pada Desember. Saat ini, pemerintah melaku kan pengembangan vaksin melalui PT Bio Farma yang bekerja sama dengan perusahaan asal China, Sinovac Biotech.

Berita Terkait : Vaksin Ditemukan Bukan Berarti Pandemi Berakhir

Kemudian, pemerintah juga tengah mengembangkan vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh sejumlah institusi penelitian dan perguruan tinggi dalam Negeri.

Berita Terkait : Kampus Muhammadiyah di Jayapura Dibangun, Menko Muhadjir Letakkan Batu Pertama

Untuk vaksin Covid-19 dari Sinovac, diketahui saat ini telah melalui uji klinis fase 3 dan sejauh ini aman dan tidak menunjukkan efek samping. Sementara, vaksin Merah Putih masih melalui tahapan uji klinis. rencananya, vaksin yang akan segera didistribusikan peme rintah, yakni vaksin dari Sinovac yang telah mendapat predikat aman dalam pengujiannya. [DIR]