Dark/Light Mode

Menag Imbau Jemaah Jaga Stamina untuk Hadapi Puncak Haji

Kamis, 13 Juni 2024 02:49 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat mengecek persiapan di Muzdalifah jelang puncak haji 2024. (Foto: Dok. Kemenag)
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat mengecek persiapan di Muzdalifah jelang puncak haji 2024. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyelenggaran ibadah haji 1445 H berlangsung saat musim panas. Suhu pada siang hari diperkirakan rata-rata pada kisaran 46 hingga 48 derajat celcius.

Karena kondisi ini, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berpesan kepada jemaah untuk memanfaatkan masa sebelum puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) beristirahat dan menjaga kesehatan.

Baca juga : Dubes Abdul Aziz: Jangan Gunakan Visa Non Haji Untuk Ibadah Haji

“Jaga kesehatan dan stamina, hemat energi. Masa ini gunakan untuk perkuat stamina, banyak istirahat. Energi di Armuzna akan terserap lebih banyak,” pesan pria yang akrab disapa Gus Men ini.

Menag lalu mengimbau jemaah haji menggunakan masker saat di Armuzna. Sebab, selain panas, udara di Armuzna juga cukup berdebu.

Baca juga : Ini Barang-barang yang Perlu Dibawa Jemaah saat Puncak Haji di Armuzna

Jemaah juga diimbau membawa semprotan air untuk menjaga tubuh dari cuaca yang panas terik. “Bawa semprotan air untuk menghindarkan diri dari heatstroke,” pesannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.