Dark/Light Mode

Pro Israel, Lupa Derita Palestina

Protes Frankfurt Book Fair, IKAPI Tolak Hadir

Kamis, 19 Oktober 2023 10:25 WIB
Adania Shibli, penulis Palestina. [Foto: Facebook Fondation Jan Michalski]
Adania Shibli, penulis Palestina. [Foto: Facebook Fondation Jan Michalski]

RM.id  Rakyat Merdeka - Protes terhadap ketidakadilan Frankfurt Book Fair (Frankfurter Buchmesse) 2023 pada Palestina, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) batal hadir dan berpartisipasi.

Hal ini disampaikan, Ketua Umum IKAPI, Arys Hilman Nugraha. “Sebagai organisasi, IKAPI membatalkan keikutsertaan dalam kegiatan Frankfurt Book Fair 2023, urung hadir pada acara pembukaan, serta meniadakan sejumlah acara,” tegas Arys, melalui pernyataan resmi yang diterima redaksi.

Baca juga : 6 Warga Palestina Meregang Nyawa

Sebelumnya, IKAPI diagendakan hadir, sebagai bagian dari kegiatan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, untuk mempromosikan budaya nasional Indonesia ke khasanah budaya dunia, melalui buku, sebagaimana diamanatkan Undang-undang No. 3 Tahun 2017 Republik Indonesia tentang Sistem Perbukuan.

IKAPI, sebagai bagian bangsa Indonesia, jelas mantan wartawan ini, berada di sisi Palestina, dalam memperjuangkan kedaulatan. IKAPI, menurutnya juga menolak sikap Frankfurt Book Fair, yang mendukung dan memberikan panggung lebih luas kepada Israel, pada pameran tahun ini, namun menafikan hak-hak kemerdekaan rakyat Palestina.

Baca juga : Waspada, Jakarta Bakal Masuki Puncak Covid-19

“IKAPI juga mengecam pembatalan pemberian penghargaan kepada Adania Shibli, penulis Palestina, yang menggambarkan kekejaman Israel lewat novelnya berjudul Minor Detail.

Pameran Buku Frankfurt ke-75, berlangsung pada 18-22 Oktober 2023. Keputusan penyelenggara Frankfurt Book Fair untuk hanya memihak dan memberi panggung bagi Israel, cetusnya, telah merusak cita-cita dialog dan upaya membangun saling pengertian.

Baca juga : Tinjau Lokasi IKN, Kapolri Ingin Pastikan Proses Pembangunan Berjalan Lancar

Memihak Israel, sambil melupakan derita rakyat Palestina, kata Arys, ibarat membaca hanya sebuah buku, namun sudah merasa paham seluruh isi dunia. “Dan, memperluas panggung-panggung Israel di Frankfurt Book Fair, sambil membatalkan penghargaan bagi penulis Palestina, seakan mencerminkan perluasan permukiman ilegal Israel di tanah Palestina,” ujarnya lagi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.