Dark/Light Mode

Bantu Gaza, KRI RJW-992 Tiba Di Mesir

Rabu, 14 Februari 2024 08:15 WIB
KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 KRI RJW-992 yang membawa bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Gaza, tiba di Pelabuhan El-Arish, Mesir, Selasa [13/2/2024]. [Foto: TNI AL]
KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 KRI RJW-992 yang membawa bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Gaza, tiba di Pelabuhan El-Arish, Mesir, Selasa [13/2/2024]. [Foto: TNI AL]

RM.id  Rakyat Merdeka - KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992) yang tergabung dalam misi kemanusiaan Satgas Port Visit Mesir 2024, dengan membawa bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Gaza, akhirnya tiba di Pelabuhan El-Arish, Mesir, Selasa (13/2/2024).

Kedatangan KRI RJW-992 disambut oleh Deputy Chief Mission (DCM), M. Zaim A. Nasution, Atase Pertahanan (Athan) RI Cairo Kolonel Kav Aria Sanggita Saleh, Asisten Athan (Asathan) RI Cairo Mayor Mar Aji Purnomo, Staf Kantor Athan RI Waras Winarno, staf KBRI Cairo, Perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir (Egyptian Red Crescent/ERC) Ahmed Buhaeri Ali, Perwakilan Ot. Pelabuhan dan Perwakilan Agen Pelayaran, Nagib.

Dansatgas Port Visit Mesir 2024, Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji (kiri) disambut Deputy Chief Mission (DCM) KBRI Mesir, M. Zaim A. Nasution (kedua kanan), Atase Pertahanan (Athan) RI Cairo Kolonel Kav Aria Sanggita Saleh (kanan) dan Perwakilan Ot. Pelabuhan dan Perwakilan Agen Pelayaran, Nagib (ketiga kanan). [Foto: Dispenal]

Bantuan kemanusiaan tersebut selanjutnya diserahkan kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir.

Baca juga : Jalan Kaki, Anies Dan Imin Tiba Di JIS

Dalam sambutannya, Dansatgas Port Visit Mesir 2024, Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji menyampaikan, bantuan kemanusiaan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah dan rakyat Indonesia. Diharapkan, dengan bantuan ini dapat membantu dan meringankan para korban konflik Gaza.

Dansatgas Port Visit Mesir 2024, Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji (kedua kiri) dan Deputy Chief Mission (DCM) KBRI Mesir, M. Zaim A. Nasution (ketiga kanan). [Foto: Dispenal]

Saat ini, lanjutnya, bantuan tersebut sedang dalam proses debarkasi (bongkar muat) di Dermaga El-Arish, untuk selanjutnya akan dibawa masuk ke Gaza melalui perbatasan Rafah dan disalurkan kepada para korban konflik.

Seperti diketahui, TNI AL telah mengumpulkan bahan bantuan dari masyarakat Indonesia untuk masyarakat sipil di Gaza sejak awal November 2023 lalu. Pemberian bantuan tersebut terpusat di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta dan Komando Armada II (Koarmada II) Surabaya.

Dansatgas Port Visit Mesir 2024, Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji (kiri) dan Perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir (Egyptian Red Crescent/ERC) Ahmed Buhaeri Ali (kanan). [Foto: Dispenal]

Baca juga : Maaf Ya, CR7 Batal Tampil Di China

KRI RJW-992, kapal bantu rumah sakit milik TNI AL yang mengangkut 214 personel ini, berlayar dari Jakarta pada 18 Januari 2024 lalu dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.

Dalam berbagai kesempatan, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah mengemban misi mulia ini, TNI AL berkomitmen memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia maupun internasional, termasuk dalam misi perdamaian dan kemanusiaan.

“Jaga nama baik TNI, khususnya TNI AL, bangsa dan negara di kancah internasional,” dia menekankan. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.