Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Paus Benediktus XVI Sakit Parah

Senin, 3 Agustus 2020 19:41 WIB
Paus Benediktus XVI (Foto: ind.news)
Paus Benediktus XVI (Foto: ind.news)

RM.id  Rakyat Merdeka - PAUS emeritus Benediktus XVI dilaporkan sakit keras. Sebelumnya, Paus berusia 93 tahun itu dilaporkan mengunjungi saudaranya yang juga sakit pada Juni lalu.

Koran Jerman, Passauer Neue Presse edisi 3 Agustus menyebut, dia menderita eritelas pada wajah. Penyakit itu menyebabkan ruam wajah dan fase rasa sakit yang hebat. Surat kabar itu juga mengutip pernyataan penulis biografi paus yang sudah pensiun, Peter Seewald.

Baca juga : Berita Sedih dari Jakarta

"Menurut Seewald, Paus emeritus sekarang sangat lemah. Pemikiran dan ingatannya masih baik, tetapi suaranya sulit didengar,” bunyi laporan Passauer Neue Presse.

Seewald dilaporkan mengunjungi Paus Benediktus di Roma pada Sabtu waktu setempat, untuk menyajikan tulisan biografi. "Pada pertemuan itu, Paus emeritus, meskipun sakit tetap menyatakan kekuatannya membaik. Dia mungkin akan mengambil penanya lagi," masih dalam laporan surat kabar tersebut.

Baca juga : Wagub Jabar Berikan Bantuan Untuk Santri Tani

Paus Benediktus diketahui mengunjungi saudaranya, Georg Ratzinger, yang sakit di Jerman pada Juni. Itu merupakan perjalanan pertamanya ke luar Italia, sejak mengundurkan diri pada 2013.

Ratzinger meninggal dua minggu kemudian dalam usia 96 tahun. Pensiunan paus dengan nama asli Joseph Ratzinger, saat ini tinggal di sebuah bekas biara kecil di dalam Vatikan.

Baca juga : Berbaik Sangka Pada Musibah

Sejak mengundurkan diri, dia menjauh dari sorotan publik. Paus Benediktus menjadi paus pertama dalam 600 tahun yang mengundurkan diri. Posisinya kemudian digantikan Paus Fransiskus yang reformis. (AFP/PYB)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.