Dark/Light Mode

Pakai Hijab, Caleg Partai Berkuasa Dicopot

Kamis, 13 Mei 2021 13:12 WIB
Sara Zemmahi (kiri)
Sara Zemmahi (kiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai yang mengusung Presiden Prancis Emmanuel Macron, La Republique en Marche (LREM), menarik dukungan mereka dari Sara Zemmahi. Dukungan atas Zemmahi ditarik setelah dia memasang poster dirinya sedang mengenakan hijab.

Zemmahi adalah seorang politisi Muslimah yang merupakan kandidat calon legislatif dari partai LREM.

Baca juga : BMKG: Hari Ini, Cuaca Jakarta Mayoritas Cerah Berawan

Sekteraris Jenderal LREM, Stanislas Guerini mengatakan, partainya merupakan partai sekuler. LREM pun tidak memberikan tempat bagi kandidat yang mengenakan atribut keagamaan secara berlebihan. "Perempuan ini tidak akan menjadi kandidat En Marche," tegas Guerini dikutip Al Jazeera, Kamis (13/5).

Hukum di Prancis sebenarnya tidak melarang pemakaian jilbab atau simbol agama lainnya dalam selebaran kampanye. Kejadian ini menggambarkan betapa sensitifnya subjek yang menempatkan Islam dalam masyarakat Prancis menjelang pemungutan suara presiden tahun depan. Sementara Presiden Macron mendapat tantangan dari partai-partai sayap kanan.

Baca juga : PPP Harap Partai Ummat Perkuat Koalisi Partai Islam Di Parlemen

Macron telah memperingatkan tentang meningkatnya ancaman separatisme Islam terhadap nilai-nilai inti Prancis dan persatuan republik.

Seorang politikus sayap kanan dari partai Nasional Rassemblement Marine Le Pen, Jordan Bardella, menyindir keputusan LaRem. "Inikah cara anda melawan separatisme?" cuitnya di Twitter sambil mengunggah poster kampanye Sara Zemmahi yang sedang mengenakan hijab.

Baca juga : KPK Puji Patungan Caleg Ala Partai Garuda

Sejauh ini, Zemmahi belum mengeluarkan tanggapan atas pencabutan dukungan kepadanya dari LREM. Guerini mengatakan, Zemmahi akan secara resmi diberitahu tentang keputusan partai tersebut secara tertulis. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.