Dark/Light Mode

Dahsyatnya Pengaruh Korsel

Lebih Dari 20 Kosakata Negeri Ginseng Kini Masuk Kamus Inggris Oxford

Rabu, 6 Oktober 2021 06:14 WIB
BTS, boyband terbesar di dunia asal Korsel (Foto: Getty Images)
BTS, boyband terbesar di dunia asal Korsel (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengaruh Korea Selatan (Korsel) terhadap kebudayaan global, memang dahsyat.

Saking dahsyatnya, lebih dari 20 kosakata asal Negeri Ginseng, kini masuk Kamus Inggris Oxford (OED) yang diperbarui pada September 2021.

Dalam 2 dekade terakhir, Korsel telah menghasilkan hiburan yang didambakan oleh jutaan penggemar. Mulai dari K-pop (istilah ini sudah masuk OED pada tahun 2016) hingga Squid Game, drama fiksi Korea Selatan.

Squid Game yang merupakan serial terlaris di Netflix, sepertinya merupakan show terbesar yang pernah ada.

Baca juga : Top, RI Dapat Linsensi Kapal Tempur Inggris

Orang Korea menggunakan istilah hallyu untuk menggambarkan fenomena tersebut, yang mengacu pada gelombang Korea di bidang entertainment yang telah melanda Asia, dan kini sebagian besar dunia.

Istilah tersebut kini telah masuk OED. Kosakata di bidang makanan, juga masuk dalam daftar kata terbaru. Termasuk banchan, lauk kecil sayuran, yang disajikan bersama nasi sebagai bagian dari makanan khas Korea, bulgogi.

Bulgogi adalah irisan tipis daging sapi atau babi yang diasinkan dan dipanggang atau tumis. Sedangkan dongchimi, adalah sejenis kimchi yang terbuat dari lobak, dan lazimnya mengandung kubis napa.

Hanbok adalah kostum tradisional Korea yang dikenakan oleh pria dan wanita. Sementara aegyo, sejenis kelucuan atau pesona yang dianggap khas Korea. Sedangkan mukbang, adalah sebuah video yang menampilkan seseorang makan dalam jumlah besar sambil berbicara dengan audiens.

Baca juga : Optimalkan Program Pencegahan Korupsi Di Daerah, KPK Gandeng Kemendagri Dan BPKP

Kata lain yang masuk dalam tambahan vocab di OED pada September ini adalah K-drama, serial televisi berbahasa Korea yang diproduksi di Korea Selatan.

Namun, tidak semua kata yang ditambahkan baru-baru ini merupakan bentuk pinjaman, peminjaman ulang, atau terjemahan pinjaman dari bahasa Korea.

Beberapa kata adalah formasi baru, atau pengertian baru dari kata-kata bahasa Inggris yang ada.

Kata seru fight! digunakan untuk menyampaikan dorongan, hasutan, atau dukungan -- seperti go for it!.

Baca juga : Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Tingkatkan Minat Masuk Kampus

Sementara kata skinship adalah perpaduan dari kata bahasa Inggris skin dan kinship, yang mengacu pada sentuhan atau kontak fisik yang dekat antara orangtua dan anak atau antara kekasih atau teman.

"Kita semua sedang menaiki puncak gelombang Korean. Ini bisa dirasakan tidak hanya dalam film, musik, atau mode, tetapi juga dalam bahasa kita. Terbukti, ada beberapa kata dan frasa asal Korea yang disertakan dalam update terbaru dari Oxford English Dictionary," kata OED dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip CNN, Selasa (5/10).

Dalam bahasa Inggris, penerapan dan pengembangan kata-kata Korea ini juga menunjukkan bagaimana inovasi leksikal tidak lagi terbatas pada pusat-pusat tradisional bahasa Inggris di Inggris dan Amerika Serikat.

"Ini menunjukkan bagaimana orang Asia di berbagai belahan benua menemukan dan bertukar kata-kata. Diawali dalam konteks lokal mereka sendiri, kemudian memperkenalkan kata-kata tersebut ke seluruh dunia. Sehingga, memungkinkan gelombang Korea terus beriak di lautan kata-kata bahasa Inggris," imbuh OED. [HES]]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.