Dark/Light Mode

Kala Hobi Dan Sakit Hati Jadi Pundi-pundi

Sabtu, 5 Maret 2022 17:55 WIB
Sunata Lesmana alias Sony, Owner Gladiator Gym (Foto: Istimewa)
Sunata Lesmana alias Sony, Owner Gladiator Gym (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjadikan hobi sebagai sumber pendapatan, itu hal yang biasa. Namun, tak banyak orang yang mampu menyulap hobi berlandaskan rasa sakit hati sebagai bisnis menguntungkan.

Adalah Sunata Lesmana, satu dari segelintir orang yang berhasil mewujudkannya. Pria berusia 43 tahun asal Blitar ini nekat membangun bisnis fitness center pada 2018 setelah dipicu rasa sakit hati.

"Dari dulu saya hobi sekali nge-gym. Bersama teman-teman, saya bisa setiap hari menghabiskan waktu di gym. Sehatnya dapat, happy juga dapat," kisahnya.

Baca juga : JK Kasih Warning

Sayangnya, satu saat, dia dan teman-temannya malah diusir dari tempat biasa mereka latihan. "Alasannya sepele, pemilik gym tidak terima kritikan saya yang memintanya lebih memerhatikan fasilitas. Kalau alat ada yang rusak, harapannya ya segera diperbaiki," tuturnya.

Alih-alih menerima kritikan tersebut, pemilik gym malah mengusirnya. Pemilik gym itu bahkan sempat memanggil polisi dan menuduh Sony, sapaan akrabnya, telah merusak fasilitas. Diperlakukan bak seorang pesakitan seperti itu, jiwa pria Sony ini pun berontak.

"Jujur saya sakit hati sekali. Tapi, justru karena itulah saya termotivasi untuk membuka fitness center sendiri. Saya nekat menjual seluruh aset yang ada dan mencairkan deposito untuk modal awal," kata Sony, yang menamai fitness centernya dengan Gladiator Gym.

Baca juga : Australia Euforia Sambut Kembali Turis Asing

Semula, Gladiator Gym beroperasi di 2 unit ruko yang dibeli Sony, tak jauh dari Pasar Bonang. Di tahun pertama, diakui Sony, bisnis fitness centernya belum break event point (BEP).

"Tapi saya nggak mau menyerah. Apalagi berhenti berjuang. Sesuai filosofi Gladiator yang adalah pejuang, saya juga tidak akan berhenti berjuang. Buat saya, Gladiator bukan sekadar bisnis, melainkan perjuangan hidup," tuturnya, lagi.

Dengan menawarkan fasilitas alat yang lengkap dan selalu terawat, Sony pun kini berhasil mendapatkan profit luar biasa. Bahkan, setahun kemudian ia mampu membuka cabang Gladiator Gym di Perum Karawaci, Kabupaten Tangerang.

Baca juga : Kapolri Ditangisi, Dipuji-puji

"Terpenting lagi buat saya adalah para member happy. Selain fasilitas lengkap, keunggulan lain di Gladiator Gym adalah suasana kekeluargaannya yang kental," ujarnya, sumringah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.