Dark/Light Mode

Bumi Lagi Sering Bergoncang

BMKG Minta Pemilik Gedung Siapkan Tempat Berlindung

Senin, 17 Januari 2022 06:42 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Foto: Instagram)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar pengelola gedung-gedung tinggi di Jakarta rutin mengadakan simulasi gempa dan menyiapkan tempat berlindung. Pasalnya, saat terjadi gempa, Jumat (14/1), banyak penghuni gedung tidak tahu cara menyelamatkan diri dalam situasi darurat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, pihaknya menyaksikan ketidaksiapan pengelola gedung di Jakarta menghadapi kondisi gempa yang berpusat di Banten pada Jumat (14/1).

Baca juga : Asosiasi Pengembang Minta Pemerintah Selesaikan Sejumlah Kendala Sektor Perumahan

Dia lantas memperingatkan agar pengelola gedung memfasilitasi pelatihan evakuasi saat bencana terjadi. Apalagi, sebulan terakhir aktivitas gempa di Pulau Jawa meningkat.

“Jadi ini warning bagi semua. Di mall, hotel, mohon siapkan kondisi tersebut. Lebih sering berlatih evakuasi mandiri, terutama yang di gedung bertingkat,” kata Dwikorita.

Baca juga : KSP Minta K/L Bikin Program Tepat Sasaran Dan Berkelanjutan

Dia juga meminta, pengelola gedung menyiapkan tempat berlindung sementara bagi pihak yang berada di gedung, hingga mempersiapkan jalur evakuasi yang aman.

“Di lantai tinggi sebelum ke luar atau lari, ada perlindungan sementara. Cari meja yang kokoh, atau benda apa pun yang bisa untuk melindungi diri kita. Kemudian, siapkan akses jalur evakuasi, jangan terhalang apa pun,” jelas Dwikorita.

Baca juga : Ridwan Kamil Puji Skema Operasi Pasar Minyak Goreng Di Bandung

BMKG juga meminta seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) di Pulau Jawa menyiapkan segala sesuatunya supaya warga tetap aman.

“Mohon diperhatikan kepada Pemda. Terutama di Jawa Barat, sampai Jawa Timur. Terutama di Banten, dalam 30 hari terakhir ini kami mencatat terjadi peningkatan aktivitas kegempaan,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.