Dark/Light Mode

DPRD Ngarep Jakarta Greater Masuk UU DKJ

Wapres Bakal Komandoi Sinergi Jabodetabekjur

Kamis, 21 September 2023 07:30 WIB
Ketua Pansus Pasca IKN DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan dalam rapat bersama Pansus Jakarta Pasca-pemindahan IKN di DPRD DKI, Jakarta, Selasa (19/9/2023). (Foto: Antara)
Ketua Pansus Pasca IKN DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan dalam rapat bersama Pansus Jakarta Pasca-pemindahan IKN di DPRD DKI, Jakarta, Selasa (19/9/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diharapkan memperjuangkan gagasan kerja sama kawasan regional atau Jakarta Greater dalam Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) yang tengah digodok Pemerintah.

Permintaan itu disampaikan Ketua Panitia Khusus (Pan­sus) Jakarta Pasca Perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Pantas Nainggolan.

Baca juga : Polusi Udara Jakarta Kembali Merah, Masuk 5 Besar Tertinggi Dunia

Dia menjelaskan, poin terse­but untuk mengimplementasikan pembentukan Dewan Kawasan (Dewas) untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Beka­si dan Cianjur (Jabodetabekjur). Keberadaan Dewan Kawasan tersebut bertujuan untuk menun­taskan sejumlah persoalan Ja­karta yang beririsan langsung dengan kota penyangga yang selama ini diperankan Pemerintah Pusat.

“Dengan Dewas itu bisa mem­bantu mengurai kemacetan, penyelesaian kekurangan ruang terbuka hijau dan menyelesaikan masalah banjir di Jakarta,” kata Pantas di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (19/9).

Baca juga : Tangani Polusi Udara, Kemenkes Siapkan 740 Faskes Di Jabodetabek

Pembentukan Dewas ini, lan­jut Pantas, dibutuhkan karena secara teritorial, tata ruang Ja­bodetabekjur, tidak bisa jalan sendiri-sendiri.

Dalam draf RUU DKJ, Dewas akan dipimpin Wakil Presiden (Wapres). Tugasnya, mengkoor­dinasikan setiap wilayah agar pembangunan harmonis. Meski begitu, setiap wilayah tetap akan berdiri sendiri-sendiri.

Baca juga : Milik Bakal Jadi Milik Juventus

“Satu kawasan yang terorga­nisir secara baik akan membuat pembangunan harmonis. Dan saya yakin itu akan mampu menyelesaikan banyak hal, khusus­nya di Jakarta,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.